MOM BLOGGER

A Journal Of Life

"Wahai Istri, Mandirilah melebihi Mandirinya Mantan Suamimu"

Kamis, 07 April 2016

Wow, mantan. Suamimu punya mantan ga? Kalo ga tau coba tanya deh. Hihihihi...
Yang pasti setiap kita punya masa lalu ya ... dan ga usah dikasih tau lagi kalo tiap pasangan kudu menerima keadaan pasangannya baik atau buruknya.

Saya jadi teringat obrolan singkat dengan adik kelas jaman di kampus dulu.

"Teh, ada yang lagi cari istri tuh. Mau yang mandiri, pintar dan bagus manajemen keuangannya katanya." Ucap adik kelas saya itu.

"Yaaaaaah... aku ga masuk kriteria tuh kecuali 1, pinter." Sambil begaya nyombongin diri. (Nyenengin hati maksudnya ...)

Ah aku ini apalah apalah. Cuma perempuan yang ditakuti lelaki karena kesangarannya. Ga punya pengalaman kerja dan ga berjaya secara akademik. Kagak ada yang bisa dibanggain melainkan cuma 1, kecerewetanku. Cediiiiiiiihnyaaaaaaaa #mewek.

Tapi dipikir-pikir, dan makin terpikir ketika membaca selewat 4 poin kenapa wanita harus mandiri secara finansial. Eh kenapa mandiri finansial??? Ntar saya dicurigai lagi presentasi MLM lagi...heu. tenaaaaaaaang ... ga akan presentasi kok. Cuma postingan selewat itu makin saya mengiyakan kalo suami itu lebih senang istri yang mandiri. Dalam hal apapun??? Iya!!!! Betul ga para suami???? #nanyadengannadayakin.

Contohnya gimana? Secara garis besar contohnya adalah lakuin semua hal yang dulu jaman belum nikah kamu bisa lakuin sendiri. Misal nih ya detailnya. Dulu jaman kuliah saya bisa pasang lampu kamar sendiri. Sekarang udah nikah, lampu kamar mati kenapa saya kudu nunggu suami buat beli dan ganti tu lampu yaks??? Atau misal yang lain lagi. Dulu saya jaman belum nikah, kemana-mana naik angkot juga oke. Setelah nikah, diminta tolong suami beli sesuatu yang kudu ngangkot karena suami ga bisa beli karena harus kerja, kenapa saya ogah ya. Kuduuuuuu aja belinya harus bareng suami. Krik krik krik krik.

Saya ga tau apa ini hanya saya yang mengalami. Tapi pernah beberapa kesempatan terlibat obrolan ringan dengan seorang teman dan dia mengiyakan apa yang terjadi sama saya juga terjadi pada nya. Dan kami pun serempak bertanya "kok kita mendadak sok manja gini yaks???"

Ya ga papa sih ya manja, karena suami juga suka istri yang manja. Asal ga kelewatan manja nya sampe suami eneg sama kita #waduh. Ingat, konsep jangan lah kita terlalu berlebihan terhadap sesuatu itu juga berlaku lho dalam hal ini. Terlalu mandiri juga jangan, dan terlalu manja dan bergantung ke suami juga jangan. Proporsional aja. Kalo terlalu mandiri sampe-sampe benerin genteng kita bisa dan suami malah cuma liat aksi kita, bisa-bisa suami nelen ludah terus gegara berasa ga bermanpaat... krik krik krik krik.

Lha terus kenapa tuh judul tulisan ente propokatip kitu??? Pake acara ngancem nyuruh mandiri segala dan kait-kaitin sama mantan nya suami.

Hahahahaha .... saya percaya ga semua dari kita punya mantan pacar atau sejenisnya. Tapi saya yakin, semua orang pasti punya sosok yang sebelum dia menikah pernah dia kagumi dan mungkin berdecak dihati sambil berkata "calon pendamping hidup idaman nih". Baik laki-laki ataupun perempuan.

Nah, bisa saja kan suamimu dulu pengagum wanita yang ternyata tingkat kemandiriannya jauh di atas kamu. Tambah pula ternyata wanita ini memiliki kemampuan kemandirian sesuai dengan yang diharapkan suamimu. Sementara kamu??? Masih manis manja geje sama suami yang ternyata bikin suami mual. Hehehehe.

Trus gimana donk? Saya harus ngapain???

Ya hanya kamu yang tau... heu.. #nyengir. Setiap pasangan pasti punya standar masing-masing donk dalam hidup dengan pasangannya. Ciptain aja standar masing-masingmu. Hehehe...

Kal saya sama suami sih standarnya pake prinsip saling terbuka, komunikasikan semua, dan diskusikan seperlunya. Evaluasi dalam realisasinya.

Misal, komunikasikan tentang konsep saling. Saling terbuka, saling pengertian, dan saling percaya. Untuk awalan ada baiknya kita tulis poin turunan dari 3 saling tersebut. Saling terbuka menyoal gaji dan sumber pemasukan, misalnya. Saling mengerti bahwa suami dikantor cape dan istri di rumah lelah. Kemudian saling percaya bahwa suami akan berikhtiar maksimal untuk menghidupi keluarga dan istri akan berusaha maksimal dalam mendidik anak-anak.

Lebih baik lagi jika hal-hal yang sifatnya ambigu juga dikomunikasikan. Karena suami dan istri itu 2 manusia 2 kepala dan pastinya berbeda sudut pandang. Jika kita sudah paham dari dan dengan cara apa suami memandang sesuatu, maka kita akan dengan mudah menebak akan dan harus seperti apa.

Saya dan suami tipe pasangan yang selalu mengkomunikasikan hal sedetail mungkin. Meski terkadang hal tersebut akan menyulut api, apaka api cemburu atau api amarah. Tapi karena standar awal kami adalah saling terbuka dalam rangka belajar saling yang lainnya, sehingga api-api tadi dengan mudah dipadamkan. Tak jarang berakhir dengan candaan.

Termasuk perihal standar kriteria seorang istri yang diharapkan suami. Yang pernah saya pertanyakan ya soal kemandirian ini. Konsep awal suami selalu bilang PROPORSIONAL. Dari konsep inilah kemudian kami diskusikan konsep turunan nya yang lebih real dan aplikatif. Misal, selagi saya masih bisa membeli dan mengganti bola lampu yang sudah mati sendiri, maka lakukanlah. Namun jika ada halangan seperti anak-anak sedang kurang kooperatif, atau toko terdekat lagi ga punya stok bola lampu, barulah saya minta tolong suami.

Mungkin bagi sebagian orang terlalu muluk dan jelimet atau berelbihan. Ya silahkan aja sih. Kembali ke kebutuhan masing-masing pasangan. Karena saya tipe nya senang diskusi. Suami pun begitu. Namun kami beda interest ... tapi saya melihatnya perbedaan ini bukan halangan untuk mendiskusikan kepentingan keluarga kami. Daripada miskomunikasi diakhir, mending komunikasikan dan diskusikan dari awal. Seperti halnya konsep 'Me time' di tulisan saya sebelumnya. Sehingga konsep istri seperti apa atau suami seperti apa yang diharapkan bisa diejawantahkan sesuai karakter masing-masing pasangan tanpa harus terbebani kisah pasangan lain. Ingat! Rumput tetangga memang terlihat lebih hijau. Tapi yakinlah, fokus kita dalam menghijaukan rumput kita suatu saat juga akan berbuah manis dan menginspirasi.

Terakhir, saya jadi ingin tau, sudahkah masing-masing kita me-list kelebihan pasangan kita? Jika sudah, coba list kekurangan pasangan kita. Banyakan mana? Hehehehe ... semoga kita menjadi pasangan-pasangan yang selalu bersyukur ya ... dan tidak akan melirik orang lain untuk dibandingkan dengan pasangan kita dan mengingat para mantan yang mungkin saja tak lebih bahagia dari kita.

Tulisan ini hanya renungan saya saja. Yang beberapa hari ini ingat mantan #eh

Kabur aaaaaaah.... wkwkwkwkwkwk

Payakumbuh, 7 April 2016

1 komentar on ""Wahai Istri, Mandirilah melebihi Mandirinya Mantan Suamimu""

Komenmu sangat berarti bagiku 😆
Makasi ya udah ninggalin komen positif ... 🤗