MOM BLOGGER

A Journal Of Life

Langkah Pertama di Amerika

Jumat, 12 Agustus 2016

Belum 1 jam pesawat meninggalkan landasannya, Ziad udah minta turun. Bilangnya udah sampe. Ooooooh Ziaaaaaad. Masih 10 jam lagi naaaaaaak. Saya pun mewek. Yah, mungkin Ziad udah lelah dengan penerbangan 8 jam sebelumnya. Saya mulai deg-degan. Ini anak yang tadinya excited naik pesawat, baru sekali flight dah nyerah. Masih ada 2 flight lagi kita deeeeeeeeee #gemeeees.

Haha hihi nonton sambil mondar mandir toilet plus bolak balik seat umi abi yang kebetulan di penerbangan ini saya dan suami beda row. Tadaaaaaaa .... 30 menit ga kerasa (bohong amat ga kerasa, kerasa keleeeeeees) udah mau landing. Yey!!! Yang paling heboh pas dibilang mau landing tentunya Ziad. Emang Zaid ga? Ya ga lah. Zaid itu di penerbangan pertama dan kedua entah mengapa selalu tidur pas mau landing. Dan memang Zaid lebih banyak tidur ketimbang Ziad.

Alhamdulillah mendarat juga. Ini pertama kalinya saya menginjakan kaki di amerika. Anak-anak juga. Negara bagian yang kami lewati sebelum menuju Colombus tujuan akhir tempat suami sekolah, adalah Philadelphia.  Pasti pada tau donk salah satu negara bagian Amerika ini. Hmmm ... berbeda dengan Bandara International Doha. Perasaan saya entah mengapa mulai kaku. Bukan kaku kikuk. Tapi kaku tak bisa merasakan apa yang saya rasakan. Bahkan tidak bisa memikirkan apa yang saya pikirkan. Entah takjub, entah tidak percaya, entah apalah namanya. Hingga akhirnya saya sekeluarga melangkah masuk ke ruang bandara. Siap-siap untuk cek imigrasi.

Wow, antrian panjang. Ah paling juga ntar anda line khusus family. Tik tok tik tok, waktu berjalan. Eaaa eaaaa (suara bayi nangis ceritanya). Antrian makin panjang. Anak-anak mulai bertingkah, termasuk anak-anak saiah. Rewel. Bertingkah. Mau digendong. Dua-duanya minta gendong depan. Oke saya gendong. Kesepakatan, Zaid di belakang, Ziad di depan (tetep donk pake ergo carrier #sayamasihjualanlhoooo #promo). Ga berapa lama, mereka becanda sampe cubit-cubitan dan tet toooooot, berantem. Aaaaaaaaarrrrgh pusing!!!!!

Semua mata dari awal antrian sampe akhirnya anak-anak berantem selalu tertuju pada kami bertiga. Mulai dari di jutekin petugas, petugas yang bilang 'hust hust!!!' Plus dengan wajah sangarnya ke arah anak-anak yang bikin anak-anak malah makin rewel, sampe akhirnya anak-anak kehausan minta minum. Huft.

Saya: minumnya ga ada nak... #memelas
(Di hati saya kesel, kenapa juga saya ikutin kata suami buat buang mineralnya. Padahal buangnya pas mau pemeriksaan aja! #kesel)
Zaid: minum!!!! #teriak
Saya: tau ah!! #sambil manyun ke suami
Suami: ngomong ke petugas.

Ga berapa lama petugas yang sangar itu dateng bawa sebotol air mineral. Beberapa saat anak-anak tenang. Hati saya komat kamit menenangkan diri >> Sudahlah putri... kalo lagi custom (cek imigrasi) emang gini kan kata suamimu. Apalagi ini negara adidaya. Kalo petugas imigrasinya unyu-unyu, bisa-bisa banyak penyelundup datang. Sudah ya putri ya. Jangan acuhkan wajah ngebetein petugas nya. Yakinlah kalo mereka itu baik ko aslinya. Buktinya anakmu di kasih minum. Huft. Saya mulai tenang. (Asli lah wajah nya ga ada yang ramah.... hiks)

Setelah antri cukup lama, sampailah giliran kami (oh ya, setelah banyak anak pada rusuh, akhirnya special line for family dibuka :D ). Petugas minta dokumen-dokumen. Suami saya dengam sigap menyerahkan sesuai permintaan. Sedangkan saya sibuk menenangkan anak-anak yang udah ga sabar masuk ke ruang berikutnya. Mereka mengira bagage claim itu toko. Karena emang kaya indomaret gitu warnanya, biru #eh. Pemeriksaan dilakukan. Mulai dari passport kami berempat yang kaya nya dicocokin gitu antara data satu dengan yang lainnya. Trus jepret lah suami saya plus sidik jari. Giliran saya nih ma anak-anak. Periksa-periksa dokumen, pas dokumen lagi disisihin sama petugas, entah mengapa bapak suami sok kerajinan bantuin beresin si dokumen yang lagi diperiksa petugas. Udah ajeeeee ... diomelin petugas deh yang wajahnya mirip-mirip petugas bandara kalo lagi nonton pilem hollywood. (Apa wajah bule gitu kabeh yaks??? #mikir).

Abis saya di jepret (difoto) dan di sidik jari, alhamdulillah masuk bagage claim. Ga papa dah disepet juga. Yang penting gue dah beres urusan ma lu. Jutek amat dah eluuuuu ... (ngomel dihati)

Treng treng ... ambil bagasi. Mau ambil trolley.  Eaaaaaa kudu bayar 5 dolar. Bujug dah. Akhirnya ambil 1 trolley aja. Sempet sih kepikiran, emang muat yak 1 trolley. Eh pas barang-barang beres diambil ternyata muat. Yasud. Anak-anak dah rewel lagi. Sepertinya mereka ngantuk dan lapar. Mereka kelewat jam makan malam dan tidur malam mereka (masih pake standar waktu Indonesia, di Amerika nya sih masih pagi sekitar jam 9an).

Duh nak, masih panjang neh perjalanan kitah. Sabaaaaaar pliiiiiiis. Sambil terus berdoa, kami menuju pemeriksaan berikutnya. Pemeriksaan barang bawaan.  Baru nyampe ruang pemeriksaan,

Zaid: mi, pipis!
Saya: ya elah, tadi ditawarin kagak katanye (saya ngedadak betawi)

Akhirnya balik lagi dan kami nyari restroom. Dah beres. Balik lagi ke ruang pemeriksaan tadi. Setelah menunggu pemeriksaan penumpang lain, kayanya sih doi dari Arab atau negara middle east gitu lah. Saya rada dag dig dug juga. Khawatir kami mengalami nasib yang sama kaya orang Arab itu. Kopernya dibongkar abis-abisan.

Giliran koper kami. Ditanya, bawa apa, ada makanannya ga, terbuat dari apa makanannya, dan sekelumit pertanyaan lain yang saya kagak ngarti. Intinya jangan bawa apa yang mereka larang (baca disini). Terus masuk pemeriksaan X-ray. Alhamdulillah! Mulus. Ga lama-lama kami langsung cus. Karena khawatir ketinggalan flight ke Colombus.

Gate nya donk, lumayan jauh. Anak-anak dionggokin di trolley. Jalan dengan kecepatan penuh. Sesekali naik eskalator. Sampe deh ke Gate tujuan. Tapiiiii ... mamiiiiih antri lagiiiiii #Syahrinilelaaaaaaah

Ada pemeriksaan lagi. Ampun dah. Saya bukannya ga mau diperiksa ya. Tapi pemeriksaan disini itu segala dibuka. Ga cuma onggokin tas dan gadget ke mesin pemeriksaan. Tapi sepatu, jaket, kaos kaki ma iket pinggang kudu dibuka (disinilah saya bersyukur ga jadi pake sepatu kets). Tapi yang bikin rempong itu, saya kudu nyelamatin barang yang keluar pemeriksaan sementara anak-anak tercecer. Sedangkan suami agak lama diperiksanya. Kalo laki-laki agak lama gitu diperiksanya, entah mengapa (puitis gini kalimat terakhir).

Untung saya anak Pramuka, bisa sigap. Hahaha... hectic parah lah pokonya di pemeriksaan yang ini. Mana rame lagi. Ambil barang-barang. Pakein anak-anak sepatu dan jaket mereka lagi (sayanya masih nyeker) terus langsung ambil barang-barang yang mau dibawa ke cabin buat dipinggirin doank. Biar pak suami yang urus barang, yang penting pinggirin dulu.

Daaaaah selesai. Jalan lagi cari waiting room dan sampeeeeeee. Alhamdulillah. Sempet nyengar nyengir sambil selonjor kaki dulu dan baru deh teriak kaget karena 1 koper ketinggalan.

♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥♥

Suami: astaghfirullah!!!! Koper yang coklat lupa!!!!!!

Sementara keberangkatan tinggal 40 menit lagi menuju tujuan akhir, Colombus. Sudahlah, langsung pasrah dan mulai ga jelas perasaan. Sementara abinya anak-anak langsung pergi untuk mengusahakan 1 koper kami yg kelupaan ngambil di bagage claim. (Pantesan 1 trolley muat, lha wong 1 koper ketinggalan. Mana isinya baju baru kabeh #hiks)

Di hati cuma bisa bilang 'bakal sempet gitu?' Tadi aja butuh 2 jam an utk urus koper ... banyak filter nya. Pemeriksaan isi koperlah .. trus belum antrian nya panjang .. ah sudahlah .. ini udah jalannya.. dan pasti ada akhirnya ...

Bertiga dengan anak-anak yang lagi rewel akut karena kecapean di negri orang dan entah mengapa ga ada orang asing lain selain kami. Beda dengan suasana di pesawat yang beraneka orang. Di waiting room bandara Philadelpia ini kami satu-satunya makhluk yang tak berkulit putih (heu)

Pasrah pasrah ... kalo rejeki ga akan kemana. Pasrah pasrah .. anak-anak Allah yg ngatur ... pasrah pasrah semua pasti ada hikmah nya...

Alhamdulillah Ziad tertidur .. Zaid mulai anteng disuguhin video You Tube #heu. Saya sibuk cari koneksi karena mulai khawatir komunikasi via apa kl ga dapet koneksi... dapet koneksi saya langsung Line suami. Eh ga di read. Ga berapa lama otak atik HP.  Suami dateng tergopoh2 dengan nafas tersengal sengal ...

Suami: umi... pesawat dah mau berangkat...
Saya: Oh #cengo

Saya hanya bertindak lemah letih lunglai ga ada tenaga. Ziad dan 2 barang perentelan saya bawa semampu saya .. Ziad yang tidur digendong, tangan satu lagi ngegandeng Zaid yang agak heboh dihentiin nonton video nya. Di pikiran cuma bisa bertanya-tanya soal koper. Tapi rasa lelah mengalahkan pertanyaan penting itu.

Setelah pemeriksaan singkat... akhirnya kami bisa duduk selonjor menarik nafas lega sambil bersiap take off ... oh Allah ... terimakasih atas kesempatan merasakan sensasi lain dr hidup ...

Saya pun tertidur lelap di penerbangan terakhir ini

Colombus, 14 Agustus 2016

Cerita yang tertunda judulnya

2 komentar on "Langkah Pertama di Amerika"
  1. Putriiiii..... ngebacanya aja bikin lelah.... apalagi ngalamin langsung yaaaa.... urghhhh...... stay strong put!!!! Innallahu ma'as sobiriin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uni baru baco komen uni hahahah ... makasi lah mampir un :*

      Hapus

Komenmu sangat berarti bagiku 😆
Makasi ya udah ninggalin komen positif ... 🤗