MOM BLOGGER

A Journal Of Life

My First Thanksgiving

Jumat, 25 November 2016

Tetiba kota Colombus sepi. Seperti halnya Jakarta saat Idul fitri atau Adha. Ya! Masyarakat Amerika tengah merayakan hari yang disebut 'thanksgiving day'. Ternyata masyarakat Amerika juga senang mudik untuk sekedar berkumpul dengan keluarga seperti halnya kita masyarakat Indonesia. Mereka juga memasak makanan khas seperti hal nya kita memasak rendang atau opor ketika lebaran tiba.

Nah untuk perayaan thanksgiving ini, makanan khas yang menjadi menu andalan mereka adalah Turkey roasted dengan siraman gravy sauce untuk pecinta asin dan Cranberry sauce untuk pecinta manis. Nah bagi kami perantauan, momen seperti ini artinya saatnya memuaskan diri dengan memakan ayam kalkun panggang dengan saos khas Amerika (a.k.a berburu gratisan #lol).

Selain turkey roasted, aneka macam pie juga disajikan. Amazing ketika dalam satu hari (ternyata) saya berhasil menyicipi (lebih tepatnya menyantap abis #lol) 3 jenis pie yaitu apple, pumpkin dan almond pie. Dan almond pie nya Ibu helda (istri dosen pembimbing suami) juara!

Sebenernya apa sih thanksgiving day itu? Hmmm, kalo dikita syukuran kali ya. Kan ceritanya abis panen. Jadi selain harvest party saat Halloween,  mereka lanjutkan kesyukuran mereka dengan thanksgiving ini. Selain wujud kesyukuran karena diberi kelimpahan makanan, mereka juga bersyukur dan berdoa diberi kesehatan selama musim dingin tiba (yang aye tangkep begonoh).

Thanksgiving Day in OSU
Selama disini, kami bisa dikatakan sering perbaikan gizi. Kenapa? Karena pihak kampus baiiiiiiik banget buat bikin acara-acara makan gratis. Sampai tibalah makan gratis saat thanksgiving ini.

Sedikit cerita ....
Dengan semangat 45, kami mengambil 2 tiket thanksgiving dinner in 2 session di acara yang diadain kampus ini #maruk. Hehehe ... kampus emang ngebagi acara makan-makannya jadi 2 waktu. Jam 11 sama jam 14. Kita ambil dua-duanya donk. Ceritanya mau patroli makanan. Karena mikir sistemnya sama kaya acara Faculty club (sejenis welcoming party gitu buat mahasiswa dari dosen-dosen). Eh ga tau nya makan gratis kali ini beda ma yang sebelum-sebelumnya (harusnya nanya ke yang berpengalaman dulu niiiih). Jadilah kami hanya ikut di sesi jam 11 berhubung perut sudah kenyang berisi kalkun, jagung, buncis, roti jagung, pie dan es jeruk (2 porsi karena abisin yang punya anak-anak). Dah, siap-siap buat next invitation. Hibernasi dulu biar perut laper lagi. Nyampe rumah shalat terus langsung tidur (gimana ga gemuk coba #pura-puragatau)

Thanksgiving in American House
Deg-deg an yes pertama kali nya diundang sama orang Amerika, dosen suami pula! Secara saya rada udik, susah makan pake table manner (makan pake tangan itu enak nikmat sedunia). Tapi yasudah. Dihadapi saja!

Soal menu udah kebayang bangeeeet. Ga jauh bedalah sama yang dikampus. Paling beda rasa aja karena yang ini bikinan istri nya pak dosen (ngebayangin masakan orang tua, pasti enak). Eh disini plus cookies, welcoming bread, ada pumpkin bread juga. Apa lagi yak? Lebih banyak lah pokonya jenisnya. (Saya bawa spring roll sama puding santen andalan emak aye).

Sedikit cerita
Nyampe di rumah beliau kami disambut dengan sangat hangat. Telat 14 menit (jam karet tetep) karena harus shalat maghrib dulu (kalo maghrib di rumah orang ga enak ngerepotin plus mereka suka ga ngerti dan ribet si saiah nya). Cerita-cerita hangat dan memperkenalkan 2 rekanan beliau, akhirnya tibalah saatnya menyantap hidangan. Berbagi cerita dan pengalaman baik menemani suasana santap malam kami. Sesekali dihebohkan dengan anak-anak yang merasa serem dengan suasana rumah beliau. Temaram dan bunyi jam dinding tua yang setiap jam nya berdentang keras (kebayang kan?)

Meskipun pertama kali ketemu dan berbincang kikuk dengan bahasa inggris alakadarnya (saya udah lama pensiun jadi mahasiswa bahasa inggris), saya sangat merasakan kekeluargaannya. Ala-ala kakek nenek. Berasa sama orang tua sendiri. Mereka juga senang bercerita tentang anak dan cucu mereka. Disitulah saya ngedadak melow. Ah ... orang tua. Dibelahan dunia mana pun, masa tua adalah masa dimana bahagia melihat anak cucu bahagia ... bercerita selagi masih mampu bercerita (kangen emak babeeeeeeh #mewek saya pun ngebayangin diri sendiri saat tua nanti).

Setelah cukup lama kami bertukar cerita seputar Indonesia, Amerika, bahasa dan budaya, akhirnya kami berpisah. Saya tadinya berharap ibu helda nya mau nawarin saya untuk jadi teman cerita. Kan lumayan mengasah lidah biar ga pabaletot. Ga tau nya beliau manggil saya karena saya kelupaan piring yang saya bawa (GR).

Akhir kata
Hari ini hari yang melelahkan bin mengenyangkan alhamdulillah. Selamat datang hari ke depan dimana saya harus kembali memutar utak bikin aktivitas buat anak-anak selama suami kejar tayang ngelarin tugas-tugas kuliah yang bikin saya yang liat aja puyeng ...

Colombus, 25 November 2016

Nb: sehari sesudah thanksgiving day, ada namanya black friday. Hari dimana obral besar2an di seluruh mall dan toko. Tapi saya skip. Masih ada prioritas lain (a.k.a ga da budget :P)

3 komentar on "My First Thanksgiving "
  1. Enak bgt teh, btw halal gak sih masakan mereka? Soalnya klo nonton food network, masaknya suka pke bir, alkohol, kaldu babi jg. Pdhal mknan biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg drmah dosennya suami mrk ga konsumsi pork .. tp wine iya .. wallahualam ..

      Hapus
  2. Kl yg kampus mrk udah biasa siapin utk international student yg notabenenya byk muslim. Kampus2 besar kaya osu dah aware tet .. tp soal cara penyemblihan aq ga yakin. Yg aq tau kalkun mereka suka beli ke org yahudi dan disemblih lgsg sama org yahudi .. kl utk snack dkk di mall2..tetep kudu cek ingridient .. dan aq awal2 masih lum strict.hiks :(

    BalasHapus

Komenmu sangat berarti bagiku 😆
Makasi ya udah ninggalin komen positif ... 🤗