MOM BLOGGER

A Journal Of Life

5 Fakta Ajaib Dibalik Film Wonder

Kamis, 08 Maret 2018
Siapa yang sudah membaca buku dan atau menonton film 'Wonder'?


Ya, di tulisan sebelumnya saya memberikan sedikit ulasan tentang kisah 'Wonder' ini. Belumlah tulisan itu saya terbitkan, saya kemudian tertarik menuliskan fakta-fakta ajaib dibalik buku 'Wonder' yang kemudian difilm kan dengan judul yang sama ini.

Jujur saja, ketika menuliskan review filmnya, saya benar-benar ingin menuliskan review yang berbeda. Sebut saja review penuh makna, paling tidak bermakna untuk diri saya. Sehingga jadilah sebuah tulisan yang berjudul "Mengubah Mindset dengan Menonton Film Wonder".

Sejujurnya, sangat banyak draft tulisan yang saya buat terhadap semua film yang saya tonton, yang kisahnya menurut saya sangat bermakna. Sebut saja film 'Mengejar Hilal', "Critical Eleven", atau film India "Tumhari Sulu". Dimana film-film ini terasa begitu dekat dengan kehidupan saya.

Lalu kenapa tulisannya tidak diterbitkan? Karena saya kehilangan momen untuk menyelesaikan tulisan dan membuat saya lupa poin-poin pentingnya. Hehehe #shorttermmemory a.k.a keburu males 😅

Entah kenapa, cerita Wonder ini benar-benar membawa keajaiban. Saya ga berniat tadinya malah menulis review  Eh taunya malah nulis 2 judul untuk bahasan yang setema. Mungkin karena saya bener-bener dapet momen pas kali ya. Pas karena saya sudah diposisi sebagai orang tua. Entahlah 😅

Disaat saya benar-benar meresapi apa yang terdapat di dalam ceritanya, saya kemudian semakin takjub mendapati fakta-fakta setelah peluncuran bukunya. Sampai tak terasa, air mata saya mengalir ketika menonton liputan tokoh asli yang tak sengaja dikisahkan ini.

Saya mendapatkan infonya ketika sedang mencari-cari foto di Google untuk diunggah untuk tulisan review saya. Karena penasaran, jadilah kepo. Dan semakin terharu saya dibuatnya. Jadi tak hanya filmnya yang bikin haru, kisah dibaliknya dan kisah lain yang mengikutinya juga bikin haru.

Ga panjang-panjang deh dalam tulisan ini, langsung aja ya kita bahas singkat 5 fakta ajaib dari kisah Wonder.

1. Wonder ditulis berdasarkan kisah nyata?
R.J. Palacio, penulis novel 'Wonder' , menjawab bahwa penulisan bukunya bukanlah berdasarkan kisah nyata. Namun dia mengakui memang buku ini terinspirasi dari kehidupan nyata. Berawal dari pengalamannya bertemu dengan seorang anak seperti August Pullman (tokoh utama cerita Wonder) di sebuah toko es krim. Disana Palacio mendapati anaknya menangis setelah melihat wajah anak tersebut. Dari sanalah dia merasa terketuk untuk menuliskan kisah dari seorang anak penderita kelainan genetis yang kemudian tokohnya diberi nama August Pullman.

Keluarga Newman, Real Augie

2. Sosok  Asli August Pullman muncul sesaat buku Wonder diluncurkan
Tanpa di duga, ternyata apa yang di kisahkan Palacio di bukunya mewakili apa yang dirasakan oleh sebuah keluarga yang memiliki anak dengan penyakit genetis yang sama.

3. Beberapa kisah seolah menjadi hidup
Setelah kedatangan tokoh nyata dari August Pullman yang kemudian dikenal dengan nama Nathaniel Newman, ditemukan fakta bahwa apa yang digambarkan Palacio di dalam bukunya adalah kisah nyata Nathaniel.

4. Lirik lagu favorit
Palacio tidak menduga bahwa lirik lagu yang dia kutip di tulisannya merupakan lagu favorit Nathaniel yang selalu dinyanyikannya setiap hari ulang tahunnya.

5. Tautan usia 
Nathaniel dan Auggie (August Pullman) memiliki usia yang nyaris sama. Seolah cerita dibuat berdasarkan kisah nyata dari seorang Nathaniel. Padahal, semua terjadi secara tidak sengaja atau bisa dibilang keajaibanlah membuat kisah ini seolah nyata.

5 fakta ajaib ini seolah menyempurnakan buku Wonder ini menjadi benar-benar ajaib sesuai judulnya. Jadi, selain memiliki banyak pelajaran hidup yang bisa dipetik, Wonder benar-benar membuka mata kita untuk melihat lebih bijak lagi dalam menjalani hidup. Bahwa hidup tak lagi persoalan benar atau salahnya, tapi persoalan seberapa manfaatnya kita.

"When given the choice between being right and kind, choose kind"

Columbus, 8 Maret 2018 
3 komentar on "5 Fakta Ajaib Dibalik Film Wonder"
  1. Bisa mirip gitu ya dengan kisah nyata :-o

    Btw diriku saat nonton film Wonder: penasaran proses make up si Auggie kayak gimana wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya .. makanya amazing #eaaaaa

      ada kali di youtube 😂😂😂

      kerennya tu percis sama yg aslinya ... telingan nya .. hidung nya ... semuanya ...

      Hapus
  2. Sesuai judul film nya yg membuat saya "kagum" secara keseluruhan. Nice article, btw. Good job..

    BalasHapus

Komenmu sangat berarti bagiku 😆
Makasi ya udah ninggalin komen positif ... 🤗