MOM BLOGGER

A Journal Of Life

Yang Muda Yang Inspiratif: Gita Savitri Devi

Rabu, 12 Desember 2018
Siapa yang ga kenal dengan sosok Gita Savitri Devi. Namanya sudah sangat akrab di telinga para generasi muda Indonesia baik di dalam maupun luar negeri. Saya sendiri mengenal sosok Gitasav melalui hasil temuan mesin Google saat saya ingin mengetahui sosok muslimah muda inspiratif versi mesin Google. Dan muncullah judul 25 Vlogger Wanita Inspiratif Indonesia. 

Akhirnya saya tertarik untuk meng-klik hasil pencarian mesin google tersebut. Dari 25 Vlogger yang dikenalkan, jari saya berhenti pada sosok wanita yang dalam pandangan pertama saya sangat berkharisma dan berkarakter di banding 24 blogger lainnya. Ini menurut pandangan mata saya ya. Karena memang dari 25 vlogger yang kebanyakan beauty vlogger hanya terdapat tak lebih dari 10 orang vlogger muslimah / vlogger berkerudung. Nah di antara vlogger berkerudung itu bagi saya Gitasav lah yang paling kharismatik, di foto ini 😁

Foto Gitasav yang ini yang saya lihat di artikel tersebut

Setelah saya menelisik lagi lebih jauh tentang sosok wanita yang hanya terpaut 4 tahun lebih muda dari saya ini, akhirnya saya paham, kenapa Gitasav dikategorikan inspiratif.

  • Berkarakter
  • Untuk ukuran anak muda seusia Gitasav, Gita cukup berkarakter menurut saya. Terutama jika dibandingin sama saya saat di usia Gita ya. Hehehe. Gita sangat terlihat mantap dalam setiap keputusan-keputusan hidup yang dia ambil, termasuk salah satunya dengan bersekolah di luar negeri. Ga gampang lho sekolah baru lulus SMA pisah jauh dari orang tua, keluar negri pula.
  • Problem solver
  • Munculnya segmen beropini Gitasav menunjukkan bahwa Gitasav 'gatel' untuk bisa menjadi bagian dari sebuah perubahan. Masuknya channel Gitasav ke program Creator for Change nya You Tube sudah jadi indikator bahwa channel nya Gita diprediksi bisa membawa perubahan positif buat para subscribernya khususnya. Dan juga, Gitasav terlihat ikut langsung sebuah gerakan aksi nyata yang bekerja sama dengan kitabisa.com sebagai lembaga yang bergerak dibidang sosial. Dan masih banyak lagi aktivitas sosial lainnya wujud inginnya Gita menjadi solusi terhadap sebuah madalah.
  • Kritis
  • Kritis yang sopan. Begitulah kesan awal saya ketika mendengar Gitasav menyampaikan kritikannya terhadap sesuatu. Dia tau dimana dia berdiri tanpa harus memojokkan oposisi. Pemikiran kritisnya Gitasav lebih membuka ruang diskusi ketimbang ruang debat. Dan tentunya hal ini jadi daya tarik terutama buat anak muda bahkan emak-emak muda kaya saya yang perlu dipanasin pikirannya biar ga egois cuma mikirin keluarga. Hehehe
  • Open minded
  • Keterbukaan dan kebebasan berfikir juga sangat terlihat pada sosok Gitasav ini. Terutama di segmen beropini meskipun terkadang Gitasav tetap mengungkapkan kekecewaan dan kebingungannya akan sebuah fenomena sosial namun tak lantas membuat dia menjudge hal tersebut buruk atau salah dan harus dinyatakan salah.
  • Mature
  • Gitasav sangat paham apa yang dia butuhkan tanpa terpengaruh intervensi luar. Seperti halnya keputusan untuk menikah. Disaat orang-orang heboh nikah muda, Gitasav tetep staright forward sama yang dia yakini bukan karena tidak setuju dengan nikah muda melainkan karena paham betul tentang salah satu keputusan terbesar ini kapan harus diambil.
  • Easy going
  • Ga terlalu ambil pusing omongan orang dan terus melakukan suatu hal yang positif. Inilah kayanya yang membuat Gitasav bisa memikat hati para remaja dan anak muda. Ga neko-neko dan 'banyak gaya'. Apa adanya tanpa adanya rekayasa. Itu sih yang saya rasakan dan lihat. Tapi kalo ada omongan yang sifatnya 'penyakit sosial' seperti sexual harrashment, jangan harap Gitasav bakal selow.

Sebagai ibu muda yang terlalu lama berkutat dengan urusan rumah tangga, channel Gitasav jadi angin segar buat pemikiran saya yang tadinya terlalu banyak mikir hal yang ga penting sehingga jadinya doing nothing. Sedangkan untuk berkarya kan bukan perihal berapa banyak orang yang menghargai karya kita tapi seberapa besar penghargaan kita terhadap diri kita sendiri.

Oke deh. Demikian dulu ulasan mengenai sosok inspiratif kekinian versi saya. Sosok inspiratif teman-teman siapa? Tulis di kolom komen ya ...

Columbus, 5 Desember 2017

FYI
Tulisan ini masuk draft bulan November 2017. Baru selesai tanggal 5 Desember 2017. Tapi urung saya publish karena terlalu dini saya memberikan penilaian sedangkan saat itu saya belum lama mengenal (jadi subscribernya maksudnya 😅) sosok Gitasav ini di dunia maya.

Hingga akhirnya, seusai nonton segmen Pagi-pagi nya Gitasav episode 10, saya jadi teringat kembali draft ini dan berniat mempublikasikannya di blog pribadi saya. Dan setelah saya baca kembali, apa yang saya tulis 1 tahun lalu itu tidak mengalami perubahan sama sekali. Artinya, 1 tahun mengikuti channel nya Gitasav belum ada yang berubah di mata saya tentang sosok Gita Savitri ini.

Poin yang mengalami perubahan hanya poin kematangan (mature). Tadinya saya mengulas tentang gaya pacaran Gita yang tidak mengumbar kemesraan seperti halnya anak muda pada umumnya. Nah karena Gita udah nikah, jadi saya ubah POV nya perihal kematangan ketika memutuskan menikah.

Kenapa sih saat itu saya sampe Googling tokoh inspiratif wanita indonesia? Karena saya lagi butuh dimotivasi sama pengen tau aja, apa sih yang bikin orang terinspirasi terhadap orang lain. Maklum, blogger lagi cari inspirasi ceritanya hehehe.

Pencarian saya terhenti sampai disitu tentang sosok inspiratif. Kehidupan bergulir dan saya seolah lupa tentang maksud dan tujuan saya Googling tadi.

Hingga akhirnya, bulan September, saya mengalami kekosongan semangat ngeblog. Saya berpikir bahwa saya butuh tema baru dari sekadar bercerita tentang Amerika dan anak-anak. Lalu muncullah semangat baru ketika bertemu seorang sosok inspiratif ketika saya berkunjung ke Indiana Polis.

Kali ini saya tak lagi Googling berselancar di dunia maya tapi langsung dunia nyata. Ngeliat langsung bukan sekedar cerita atau katanya.

Secara tidak sadar saya terinspirasi dari sosok tersebut. Tentang semangat beliau belajar dan lain sebagainya. Hingga saya tulislah review sekilas tentang beliau. Namun sayang beliau keberatan untuk saya publish. Tapi ga papa ... ntar saya bikin versi fiktif alias nama disamarkan aja. Biar inspirasinya menyebar.

Nah, yang nyimak di Instagram story saya pasti tau kan kalo saya bikin label baru di blog saya yang berjudul 'Inspirasi Hari Ini'. Tadinya tulisan kisah inspiratid pertama tentang mba yang di Indiana, tapi karena saya belum edit jadi saya naik publish dulu review singkat tentang Gita savitri ini aja ya.

Columbus, 12 Desember 2018




4 komentar on "Yang Muda Yang Inspiratif: Gita Savitri Devi"
  1. Saya juga suka mbak sama gitasav ini. Sampe beli bukunya Rentang Kisah juga. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ... bagus ga mba bukunya? Ku ingin beli juga tapi ngir kesininya bingung ... ga da yg mudik ke indo soalnya hiks

      Hapus
  2. ini namanya beda dikit sama saya :D cuma gita nya diganti: fabiola hehe
    semoga ketularan menginspirasi heu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ... berrti mba dedeph namanya fabiola devi savitri ya .. huwoooo ...

      Hapus

Komenmu sangat berarti bagiku 😆
Makasi ya udah ninggalin komen positif ... 🤗