MOM BLOGGER

A Journal Of Life

Jurnal Ramadan: Noor Kids Digital Ramadan Camp

Minggu, 26 April 2020
Ramadan kali ini, banyak para relawan yang berdonasi dalam berbagai macam bentuk. Salah satunya donasi keahlian. 

Jadi beberapa hari sebelum Ramadan saya memperoleh link Digital Ramadan Camp dari grup ibu-ibu pengajian di US. Yaitu berupa program online Ramadan untuk anak usia 7 hingga 14 tahun yang dibuat oleh  noorkids.com. Programnya gratis untuk 750 keluarga pertama yang daftar. Dan alhamdulillah saya kebagian gratis 🥰.
Sumber: Noorkids.com

Harusnya saya cek email notifikasi program tanggl 23 April waktu US atau 24 April waktu Indonesia. Tapi karena riweuh dan ga banyak pegang HP kaya biasanya, jadilah saya lupa. Baru keingetan tadi malam tanggal 25 April. 

Mumpung belum ketinggalan banyak, saya agendakanlah ikut live broadcastnya jam 6 pagi waktu Indonesia (Ramadan hari ketiga) atau 6 sore waktu US. Dan alhamdulillah, tadi pagi kami sekeluarga berhasil join dan ga tidur habis subuh lagi. Horrree.


Nah, ternyata program Ramadan online dari Noor Kids ini selain menyediakan video surat pendek dan family challenges, si Live Broadcast ini tak lain dan tak bukan adalah semacam tausiah untuk anak-anak dengan menggunakan cerita bergambar. Jadi cocok banget dengam schedule keluarga jam 5-6 pagi mendengarkan pengajian. Tinggal geser waktu ke jam 6-6.30, agenda pengajian anak-anak jadi lebih fun buat mereka. 

Btw, cerita yang dibawakan menarik terutama untuk ZaZi yang secara bahasa belum paham jika harus mendengarkan full bahasa Indonesia. Sehingga program ini membantu ZaZi mengenal Islam dan Ramadan melalui bahasa yang mereka pahami. Karena Noor kids ini adalah platform buku cerita untuk anak-anak muslim, sehingga mereka sudah sangat piawai mengambil ide cerita, konflik dan juga problem solvingnya. Sehingga anak-anak tidak merasa digurui atau disindir.

Dalam cerita di live broadcast tadi pagi, pesan yang ingin disampaikan author yaitu bahwa Ramadan bisa membantu kita menjadi pribadi yang lebih dan makin bersabar. Puasa di bulan Ramadan bisa membantu kita mengendalikan diri dari nafsu perut dan nafsu jiwa seperti rasa marah. Dan Ramadan adalah waktu yang tepat untuk melatih diri dalam hal apapun yang baik-baik.

Tokoh-tokohnya

Cerita yang diangkat sangat dekat dengan anak-anak. Usia tokoh pun mendekati usia ZaZi sehingga mereka merasa cerita tersebut benar-benar tentang mereka. 

Alhamdulillah dengan mengawali pagi menyuguhkan tausiah untuk anak-anak, cukup membantu kami sedikit bisa bersabar ketika mereka mulai perang saudara 😅. 

Sebenarnya program yang ditawarkan Noor Kids ini bisa kita temui di You tube. Namun memang siaran langsung efektif membuat ZaZi untuk ga gatel nonton acara lain. Karena siaran dijalankan langsung oleh pembawa acaranya. Selain itu style American nya dapet dan kita berasa ikut Sunday School nya anak-anak waktu di masjid Noor 😭. Pas pula namanya Noor, kaya nama Mesjid tempat ZaZi ngaji dulu. 

Nah selain aktivitas baru di atas, seperti dua hari sebelumnya, kami tetap menjalankan agenda keluarga sesuai jadwal atau jika pun tidak sesuai jadwal yang terpenting aktivitasnya terlaksana. 

Ziad Munif Alfatih

Seperti aktivitas Ramadan dan good deed. 

Hari ini kami coba mulai memperkenalkan coding sederhana menggunakan warna kepada ZaZi. Seperti biasa, Zaid akan selalu terlihat tidak tertarik jika ada hal baru. Dia hanya curi dengar dan ga mau join. Tapi nanti dia bakal tau dengan sendirinya apa yang tadi kami sampaikan ke Ziad. Dan keselnya, dia ga mau dikasi tau kalo salah 😂😅.

Zaid Mursyid Atsabit

Selain itu, hari ini kami lebih banyak menghabiskan waktu dengan diskusi kecil ala keluarga kami. Anak-anak sibuk bertanya tentang apapun yang ada di dalam pikiran mereka. Dan ujung-ujungnya pasti ditutup dengan anyang-anyangan penghilang rasa lapar mereka 😅 karena Umi sudah mulai masuk dapur 😂.

Anyang-anyangan rutin
Kali ini observasi sifat api

Oh ya, untuk good deed mereka kebagian hal yang sama, yaitu merapikan magic table mereka. Yang sebenarnya hal ini sudah jadi kebiasaan mereka namun memang masih butuh untuk diingatkan. 

Demikian dulu jurnal Ramadan hari ketiga kali ini. Tulisan ini hanyalah jurnal keluarga, jika ada yang membaca ini, semoga ada manfaat yang bisa dipetik ya 🤗.

Batujajar, 26 April 2020

Nb. Berikut tambahan hasil karya Ziad di bidang fotografi per hari ini

Batman nolong lego



Post Comment
Posting Komentar

Komenmu sangat berarti bagiku 😆
Makasi ya udah ninggalin komen positif ... 🤗