MOM BLOGGER

A Journal Of Life

Mengelola Informasi, Mengolah Emosi

Minggu, 12 Juli 2020
Memperoleh informasi di zaman sekarang tidak lagi hanya mengandalkan televisi atau surat kabar saja. Saat ini, dalam satu genggaman sebuah alat berukuran mini kita bisa mengakses berbagai macam informasi tanpa harus menunggu jam berita. Tak hanya berita, bahkan membaca buku atau tulisan-tulisan menarik pun bisa kita peroleh tanpa harus ke toko buku. Dan perkembangan ini menggiring media cetak seperti surat kabar dan majalah untuk menyesuaikan diri dan bertransformasi menjadi media cetak elektronik.


Perkembangan teknologi ini tentunya membawa angin kemudahan bagi kita untuk memperoleh informasi. Dilain sisi, kemudahan ini membuat arus informasi menjadi sangat deras. Ditambah dengan hadirnya media sosial sebagai platform favorit setiap kalangan untuk memperoleh informasi aktual. Selain karena fiturnya yang menarik, juga karena media sosial menyuguhkan variasi informasi yang jauh lebih beragam dari media elektronik seperti televisi.

Informasi dan Orang tua
Sebagai orang tua, kemudahan memperoleh informasi ini tentunya surga dunia bagi kita. Aneka macam informasi terkait anak dan pengasuhan bisa kita peroleh dengan sangat mudah. Seminar, kuliah, workshop dan berbagai macam kelas online untuk meningkatkan kapasitas diri sebagai orang tua pun bisa dengan mudah kita dapatkan tanpa harus keluar rumah dan meninggalkan anak dalam waktu yang lama.

Semua fasilitas hasil dari kemajuan teknologi ini tentu harus kita sikapi dengan bijak. Ibaratkan tubuh yang kita beri makan, jika terlalu banyak tubuh kita alih-alih menjadi sehat melainkan sakit. Begitu pula informasi, jika terlalu berlebihan bisa menyebabkan informasi memberikan dampak buruk bagi diri kita. Sehingga, pengelolaan informasi dibutuhkan seperti halnya pengelolaan menu untuk asupan makanan ke tubuh kita.

Emosi dan Pikiran
Emosi dan pikiran seperti dua sisi mata uang. Mereka tidak dapat dipisahkan. Pikiran, bisa memberi perubahan pada emosi, dan emosi pun bisa memberikan pengaruh pada pikiran. 

Dalam mengelola informasi, dibutuhkan sumber referensi yang menjadi pijakan atau landasan bagi kita untuk berpikir. Apakah informasi tersebut cocok bagi kita, bermanfaat dan kita butuhkan. Jika memang dirasa dibutuhkan, apakah informasi tersebut akurat dan berasal dari sumber terpercaya.

Lantas apa landasan yang bisa kita jadikan referensi pijakan? Tentunya referensi yang bersifat ideologis  yang menjadi landasan keyakinan kita, bisa berupa kita suci atau sejenisnya.

Contoh Kasus
Ada sepasang suami istri yang baru saja dianugrahkan keturunan. Sebagai pasangan yang baru mengemban amanah sebagai orang tua, mereka mencoba mencari tahu berbagai macam informasi terkait pengasuhan. Mulai dari tahap perkembangan anak hingga hal-hal teknis yang mereka temukan kendalanya disaat mendampingi anak.

Suatu waktu, sang ibu tidak sengaja membaca sebuah tulisan di akun media sosialnya. Tulisan tersebut membahas tentang pentingnya perkembangan bahasa bagi anak usia dini. Dalam tulisan tersebut si Ibu memperoleh informasi bahwa perkembangan bahasa menjadi salah satu faktor yang bisa mengindikasikan kecerdasan otak anak. 

Sesaat setelah membaca tulisan tersebut tanpa melakukan kroscek sumber tulisan, sang ibu pun langsung dilanda kepanikan. Pasalnya anaknya yang berusia 20 bulan belum mengalami lonjakan kosakata seperti di tulisan yang dia baca. Sehingga pikiran sang ibu pun menjadi panik mengkhawatirkan anaknya akan tumbuh tidak cerdas dan normal.

Di tempat yang terpisah, sang suami membeli sebuah buku tentang tahapan perkembangan anak karya seorang dokter tumbuh kembang anak. Sang suami menyadari ada keterlambatan yang dia lihat dari tumbuh kembang anaknya. Namun dia tahu bahwa hal tersebut masih dibatas wajar. Sehingga dia memutuskan membeli buku tersebut agar bisa menstimulus sesuai dengan ilmunya untuk mengatasi rasa khawatirnya.

Apa Yang Dilihat Dari Contoh Kasus di atas?
Ada perbedaan sikap yang mempengaruhi perbedaan prilaku. Pengelolaan informasi dengan melibatkan pikiran yang berlandasan, akan berbeda penyikapannya. Sehingga emosi yang muncul pun bisa terlihat beda.

Pengelolaan informasi seperti apa yang bisa kita lakukan agar bisa mengolah emosi dengan baik? 

1. Menyadari bahwa informasi bukanlah landasan hidup melainkan sumber pengetahuan yang datang dari seseorang. Bisa salah dan bisa juga betul.

2. Melalukan kroscek terhadap setiap informasi yang diperoleh dari berbagai macam sumber. Utamakan sumber-sumber terpercaya.

3. Memiliki landasan berpikir. Apa yang paling mempengaruhi kehidupan kita. Agama kah atau apa? Lalu pelajarilah hal-hal yang membentuk pola pikir kita itu berdasarkan landasan berpikir tadi.

4. Menyadari bahwa informasi bersumber dari anekaragam pemikiran, latar belakang dan tujuan. 

Refleksi Pribadi
Kencangnya arus informasi membuat kita suka lupa menilik diri sendiri terkait cara kita menyikapi sesuatu, termasuk informasi. Apakah kita termasuk yang reaktif atau kalem. Seringnya kita hanyut membaca, baik teks atau sekedar foto dari akun-akun yang kita ikuti. Kemudian secara tidak sadar, akun yang paling kita ikuti akan mendominasi cara pikir kita. Dan tidak menutup kemungkinan kita akan menjadikannya sebagai referensi dan landasan berpikir kita.

Untuk saya pribadi, melakukan sesuatu termasuk dalam mencari sebuah informasi diperlukan ketenangan berpikir. Memastikan diri tidak sekedar ikut-ikutan yang sering membuat kita rapuh dalam bersikap. Dan tentu, sebagai manusia beragama saya menjadikan kitab suci sebagai landasan berpikir, agar ketika hadir sebuah informasi saya bisa bersikap sewajarnya. 

Jika kita contohkan aplikasinya berdasarkan contoh kasus di atas, bisa jadi begini.

Kepanikan sang ibu tadi bisa jadi bersumber dari berbagai macam faktor, bisa dari ketidaktahuan atau obsesi pribadi. Ketidaktahuan akan tahapan tumbuh kembang anak membuat informasi sepintas lewat menjadi sumber yang dia yakini keakuratannya. Atau sikap obsesif sehingga sang ibu menginginkan anaknya tumbuh normal bahkan melejit. Dua hal yang tidak imbang inilah yang menjadikan informasi sebagai bumerang tersendiri bagi orang tua.

Sehingga informasi tak lagi membawa kebermanfaatan, melainkan membawa gejolak emosi yang tentu bisa mengganggu stabilitas keluarga.

Baleendah, 12 Juli 2020

Post Comment
Posting Komentar

Komenmu sangat berarti bagiku 😆
Makasi ya udah ninggalin komen positif ... 🤗