MOM BLOGGER

A Journal Of Life

Tips Memilih Makanan Halal di Amerika

Senin, 17 Juli 2017
Disclaimer: tulisan ini hanya bahasan permukaan terkait cara memilih makanan yang halal dan baik di negara minoritas Islam (dalam hal ini Amerika) dengan segenap keterbatasan pemahaman dan penyampaian saya. Makanan halal disini bukanlah makanan dengan sertifikasi halal seperti halnya di Indonesia, tapi makanan yang diperbolehkan dikonsumsi karena kehalalan dan kebaikan zat dalam makanan tersebut. Preferensi halal nya silahkan berdasarkan pemahaman masing-masing ya πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

"Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu." (Al-Baqarah: 168)


Makanan paling aman ketika dimasak sendiri dengan bahan-bahan yang kita pilih sendiri hehehe (ga punya foto yang memvisualkan judulπŸ˜…)


🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸

Tepat tanggal 25 bulan Juli ini setahun saya dan anak-anak berada di negri rantau. Dan selama itu pula saya terus menerus (meski ga intens) mempelajari hal-hal terkait pemilihan makanan yang halalan thoyyiban di negara minoritas muslim ini (gaya amat yakπŸ˜‚). Sudah jadi rahasia umum lah ya kalo berada di negara minoritas muslim isu makanan halal tampaknya jadi isu utama. Namun sayang masih sedikit ulasan mengenai bagaimana cara memilih makanan halal di negara minoritas Islam (terutama ulasan dalam bahasa Indonesia Hehehe ...apa saya aja kali ya yang ga nemu πŸ˜†πŸ˜†) itu dibahas.

Nah saya mau mencoba sedikit berbagi ... Barangkali ... iya barangkali aja ada yang butuh info terkait tips memilih makanan halal di Amerika. Kali-kali aja kamu kamu kamu dan kamu lagi dapat kesempatan berkunjung kesini dan bingung harus bagaimana memilih makanan di negara dengan makanan berlimpah tapi bikin bingung boleh apa ga nya sesuai syariat Islam.

πŸ’ Aplikasi Scan Halal dari Google Play
Logo Aplikasi Scan Halal

Hal pertama yang paling mudah dan simple yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui sebuah makanan halal ketika berada di Amerika adalah dengan menginstall aplikasi yang bernama Scan Halal di Google Play (saya kurang tau kalo di iphone ada apa ga). Cara penggunaan nya gampang. Setelah setingan menu diet nya kamu pilih (zabiha, non zabiha atau custom), kamu tinggal pilih tombol scan dan kemudian kamera scan akan menyala. Arahkan barkot makanan tersebut dan kemudian scan. Tunggu beberapa saat, kemudian hasil akan keluar. Hijau artinya boleh/halal (allowed), merah artinya tidak halal/haram (not allowed), hitam artinya belum terverifikasi (not verified). Jika ada produk yang belum pernah terlacak oleh aplikasi ini, maka kita bisa membantu memberikan informasi terkait produk tersebut agar ditindaklanjutin tim halal scan untuk dicek perihal kehalalannya.

πŸ’ Identifikasi Manual melalui website muslimconsumergroup.com
Dalam website ini sudah terdaftar beberapa (bahkan sangat banyak) produk yang berada di Amerika beserta keterangan halal atau tidaknya lengkap dengan penjelasan zat apa yang menyebabkan produk tersebut halal atau haram untuk dikonsumai. Namun penggunaan pencarian di grup ini tidak semudah halal scan karena kita harus manual searching di kolom searchingnya. Kelebihannya, di web ini kita bisa mencari tau keterangan tak hanya terkait produk tapi juga detail ingridients yang seringnya pake istilah kimia yang kita ga ngerti semisal glycerin, glycerid dan kawan-kawan kumplit penjelasannya. Silahkan klik link nya untuk dikunjungi 😊

πŸ’ Perhatikan Tanda (U) atau (K) atau CRC pada kemasan sebuah produk. Tanda tersebut menjelaskan bahwa makanan tersebut:
(U) tidak mengandung kandungan hewani di setiap zat pembuatnya karena mengikuti aturan diet orang yahudi (vegetarian)
(K) dan cRc yang berarti makanan tersebut dibuat berdasarkan standar diet orang Yahudi yang sesuai aturan kitab Taurat (sejenis sertifikat halal di negara-negara muslim seperti hal nya di Indonesia.
Kelemahannya, produk dengan tanda (U) ini sudah pasti bebas daging karena menu diet orang yahudi (penjelasan lebih lengkap link saya lampirkan dibawah ya. Saya juga masih memahaminya) itu menu vegie alias tumbuh-tumbuhan semua, tapi tetap harus hati-hati, meski bebas daging, belum tentu bebas alkohol. Sedangkan tanda (K) atau cRc merupakan tanda sejenis sertifikat halal MUI di Indonesia. Bahwa produk tersebut dibuat dengan bahan-bahan yang sesuai dengan hukum kitab Taurat. Dimana babi adalah terlarang dan juga cara penyemblihan hewan-hewannya pun sama dengan cara syariat Islam. Sehingga banyak muslim di Amerika prefer menggunakan daging-daging semblihan orang yahudi ini ketika memang tidak ada sama sekali daging semblihan orang muslim.

πŸ’ Hafalkan istilah dan ingridients yang dalam pembuatannya melibatkan alkohol
Tips terakhir ini memang makin rumit. Dimana tidak semua zat pembuat makanan yang mengandung alkohol bisa teridentifikasi melalui istilah sepeti ethil atau ethol .. karena ada beberapa ingridients yang dalam proses nya melibatkan alkohol namun penamaannya menggunakan istilah kimia lain yang bagi kita orang awam tentunya tidak paham. Nah salah satu cara nya bisa dengan Googling. Jaman sekarang kaya nya gampang ya buat cari tau sesuatu. Tinggal kitanya mau ribet dikit apa ga... hehehe

Selain tips di atas, saya juga ingin berbagi tentang beberapa istilah yang paling tidak harus kita ingat ketika memilih makanan di Amerika (dan negara-negara minoritas Islam lainnya) yang saya adopsi dari bebarapa sumber (maap ya kalo bahasanya pabaletot) πŸ€—πŸ€—πŸ€—. Kenapa harus diingat, karena selain sering terdapat di makanan cemilan sini, juga kurang terperhatikan betapa sangat berpengaruhnya zat ini terhadap kehalalan sebuah produk makanan.
πŸ‘‰ Monoglycerid dan Diglycerid
mono artinya 1, di artinya 2. Glycerides artinya Lemak. Jadi ketika ada 2 kata ini dalam sebuah produk maka makanan tersebut mengandung lemak yang bisa bersumber dari hewan ataupun tumbuhan. Bisa terdapat 1 jenis lemak atau lebih. Ketika lemak tersebut bersumber dari hewan, maka hindari untuk memakannya. Karena bisa dikatakan sangat tidak mungkin lemak hewani di negara minoritas menggunakan hewan semblihan sesuai syariatπŸ˜…. Dan terlebih penggunaan lemak babi sangat-sangat digemari industri makanan (menurut saya). Nah, Jika dari tumbuhan, silahkan dimakaaaan πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„. Cara tau sumbernya dari hewan atau tumbuhan gimana???? Salah satunya dengan melihat simbol diet nya orang yahudi di atas.

πŸ‘‰ Enzim atau Rennet
Enzym merupakan hormon yang digunakan dalam pembuatan keju (saya lupa, kalo ga salah untuk fermentasinya). Hormon ini bisa dari hewan bisa dari tumbuhan. Biasanya, untuk keju, sign (U) tidak pernah saya temukan. Karena memang keju mayoritas berbahan dasar hormon hewan. Jika pun ada perusahaan yang menggunakan hormon tumbuhan, biasanya akan ditulis di ingridients nya "non animal rennet". Dan hanya keju merk Cabot lah yang bertuliskan ini. Tapi alhamdulillah, scan halal sudah memverifikasi keju Kraft yang cheddar halal dimakan (saya seneng)πŸ˜†.
Jadi untuk perkejuan, bisa liat tanda (K) atau cRc atau cek ingridients dan perhatikan enzym atau rennet yang digunakan. (Kraft cheddar belum menggunakan tanda diet yahudi dan pun ingridientsnya tidak menjelaskan enzym sebagai non animal rennet. Hal ini bisa saja terjadi mengingat Amerika sebagai minoritas muslim dimana makanan halal bukanlah prioritas mereka. Namun popularnya diet yahudi karena dikenal dengan standar kesehatannya yang bagus lumayan membantu umat muslim di Amerika untuk menambah pilihan makanan mereka).

πŸ‘‰ Zabiha atau Zabih
Merupakan istilah untuk ritual penyemblihan hewan yang sesuai syariat Islam (dan yahudi) yang dilakukan oleh orang yahudi (ahli kitab atau rabbi nya mereka-maaf jika ada yang lebih paham perihal ini silahkan dikoreksi ya).

Sumber bacaan yang bisa teman-teman akses:
http://halalfoodauthority.com/definition-of-halal

Nb: Alhamdulillah di Columbus tempat kami tinggal terdapat berbagai macam international market yang menyediakan daging dan makanan-makanan dengan sertifikat halal (kebanyakan dari timur tengah). 
2 komentar on "Tips Memilih Makanan Halal di Amerika"
  1. aaaaa jadi pengen ke colombus <3 biar bisa mempraktekkan tips2 nya unii hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayu sini ... semoga ada jalannya .. ke state yg lain juga boleh 😘😘😘 tetep bisa praktekin tipsnya πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

      Hapus

Komenmu sangat berarti bagiku πŸ˜†
Makasi ya udah ninggalin komen positif ... πŸ€—