MOM BLOGGER

A Journal Of Life

Apply Visa Amerika (F2)

Selasa, 31 Mei 2016

Udah lamaaaaaaa pengen tulis review pas apply visa bulan maret lalu. Pengennya sih kasih review kumplit bin detail. Biar yang baca kebantu buat ngebayangin teknis mulai dari persiapan dokumentasi sampe pas hari H wawancara visa di Kedubes US. Tapi berhubung saya dibantuin suami, jadilah cuma bisa kasih review versi saya dulu.

Oke, hal pertama yang harus kamu siapin sebelum apply visa ke US tentunya passport donk. Karena passport wajib bin kudu punya sebagai syarat wajib dokumen perjalanan ke luar negri. Nah untuk passport sendiri cara urus nya lebih gampang kalo kamu daftar online. Biar ga repot dan antri lama di kantor imigrasi nya. Untuk syarat-syarat dokumen nya, coba kamu klik.

Dah beres passport nya? Dah jelas mau berangkat kira-kira tanggal berapa ke US nya? Bisa deh kamu mulai baca-baca web kedubes US (lihat) untuk melihat panduan resmi yang terupdate nya. Visa melancong sama visa imigran ada beberapa perbedaan deh ya. Nah kalo saya urusnya visa imigran jenis F2 alias sang pendamping (keluarga) dari pemegang visa F1. Yang pasti ga seribet jenis F1. Karena F2 akan lebih mudah lolos ketimbang F1 selama syarat administratif nya lengkap ya.
Untuk review visa jenis F1 suami saya janji mau nulis reviewnya. Hehehe

Lanjut ya ke pengalaman saya apply visa F2 nya. Biar enak saya coba poin per poin:

1) sebelum daftar online di web kedubes US, pastikan dulu kamu sudah punya dokumen wajib yang kamu dapat dari pihak sponsor kamu (Letter of Sponsorship (LoS) dan/atau Letter of Guarantee (LoG) yang mencantumkan pembiayaan keluarga). Kalo saya, berhubung jenisnya F2, alias ikut F1 si pembawa saya ke US, jadi suami saya yang urus dokumen I20 (red. Ai twenty; semacam surat keterangan dan rekomendasi yang biasanya dikeluarkan oleh international office kampus) dari kampus suami untuk mendapatkan visa F2. Karena suami visa pelajar jenis F1 (pendanaan bersumber dari Negara sendiri atau pribadi) jadi memerlukan I20, kalo J1 (pendanaan bersumber dari negara Amerika langsung) memerlukan DS2019.

2) Selain passport dan I20, siapin akta kelahiran kamu dan anak-anak (bagi yang bawa anak), kartu keluarga (KK), buku nikah atau akta nikah, sama pas foto mu 6 bulan terahir ukuran 5cmx5cm dengan latar belakang putih standar pas foto visa US (bilang aja ke tukang potonya, usahakan foto di studio yang dah biasa nyetak foto visa US ya, karena beda negara beda size dan standar). Untuk foto visa bisa dilihat di sini

3) Kalau dokumen udah lengkap, boleh deh kamu daftar online, nama resminya Aplikasi Visa Elektronik Non-Imigran (DS-160). Alamat websitenya ini. Saya sih didaftarin suami. Hehehe. Seinget saya, pengisiannya bisa dilakukan berulang alias dicicil, jadi ga usah langsung jadi juga ga apa2 asal jangan lupa setiap bagian yang udah selesai diisi langsung disave. Selain itu, semua poin harus kamu isi dengan hati-hati ya. Dan kalo pun kamu dibantu daftar sama pasanganmu atau orang lain, pastikan dibagian akhir yang ada pertanyaan ‘apakah kamu dibantu saat pengisian aplikasi’ tetap dijawab ‘tidak’ ya. Pastikan kamu juga baca formulir nya. Karena pertanyaan wawancara kebanyakan dari isian formulir itu. Kan ga lucu kamu isi di formulir A tapi pas diwawancara kamu jawabnya B :P

4) udah daftar toh, nah lakukan pelunasan pembayaran yaks. Untuk visa F2 biayanya $160 per orang. Untuk lebih lengkap, soal pembayaran bisa dilihat di sini. Kalau untuk rombongan, cukup satu lembar pembayaran saja ya. Saya waktu itu bayar langsung ke bank CIMB. Mau pake metode transfer tapi sayanya gagal paham. Daripada ntar gimana-gimana, mending bayar langsung deh. Heu... oh ya, simpan baik-baik bukti pembayarannya ya. Dan bawa aja pas wawancara entar.

5) setelah daftar, ntar kamu disuruh milih jadwal wawancara. Nah untuk jadwalin wawancara langsung lihat ke link. Selagi belum milih jadwal wawancara, masa berlaku dokumen aplikasi online mu 12 bulan kok (nama dokumen mu itu DS 160. Ini dokumen wajib bawa pas wawancara). Jadi ga usah buru-buru ya pilih jadwalnya. Pastikan dulu bahwa kamu benar-benar siap dan jadwal mu pas alias ga bentrok sama aktivitas lain. Meski wawancara nya bentar, menurut saya, kosongkan hari wawancara dengan aktivitas lain itu jauh lebih baik dan menenangkan. Nah kalau udah pilih harinya, jangan lupa save lembar konfirmasi janji (appointment) wawancaranya..Hehehe.

5) udah pilih jadwal wawancara? Be ready ya .... ceki ceki lagi dokumen. Ini copas dokumen saya ya.. heu ...
★ dokumen yang dibawa
1) KK
2) akta kelahiran umi, zaid, dan ziad
3) paspor umi, zaid, dan ziad
4) akta nikah
5) KTP aku
6) pas foto umi, zaid, dan ziad
7) i20
8) LoS dua2nya
9) DS160
10) bukti pembayaran dr cimb niaga
11) print out konfirmasi jadwal wawancara
12) bank statement (in case kalau pendanaan dari sponsor beasiswa di bawah standar minimal kampus, sebagai bukti deposit bahwa kita punya dana deposit sebagai jaminan hidup. Pemerintah Amerika ga mau kita jadi gelandangan disono...wkwkwk)

6) udah siap dokumen? Udah berwujud alias ga dalam bentuk softfile lagi kan dokumen-dokumennya? Baiklah. Ini tips dan gambaran dari suami saya untuk saya sebelum mau berangkat wawancara menghindari human error dan meminimalisir kebingungan saat di hari H wawancara.  Setelah dipraktekkan, tips dan teknis yang suami saya sampaikan cukup membantu membuat saya lebih PD dan ga cengo blo-on pas di Kedubes dimana kebanyakan interviewees nya keren-keren dan kece-kece. Saya kan minder,,, kepanjangan ya curhatnya, cekidot deh tips dan gambaran teknisnya.

★Tips
SARAPAN
MINUM
BERDOALAH BANYAK2 :)

★Teknis
1) 15 menit paling telat sebelum jadwal wawancara ikut antri
2) ketemu satpam yang akan cek semua dokumen yg harus dibawa ke dalam.
3) masuk, dan ketemu petugas lain untuk cek barang-barang. Gadget keluarkan dan taro ditatakan yg dikasih. Nanti akan diberi no box utk tas dan gadget. DISINI akan dikasih nametag.
4) setelah itu, nanti ada yg mengarahkan ke sebuah ruang. Sebelum duduk, ada petugas yg ngasih nomor antrian.
5) dipanggil ke loket untuk nyerahin dokumen dan akan diperiksa lagi kelengkapannya
6) akan diarahkan masuk ke ruangan wawancara
7) antri untuk sidik jari (hanya utk dewasa)
8) diarahin ke ruang tunggu wawancara
9) nanti akan ada yg manggil nama kita, datangin loketnya
10) wawancara.. sukses ya Allah.. selesai, pulang deh.
Aslinya saat suami kasih gambaran teknis, saya ngebayangin indoor semua. Ga taunya indoor cm pas sidik jari dan wawancara doank. Pas periksa dokumen mah lebih kaya garasi mobil hahaha.. bedanya ini isinya bangku-bangku kayu gitu, plus loket kaya loket tiket kereta api gitulah. Bedanya ini ada microfon nya. Heu., saya norak.

Pas awal masuk suasana nya lebih kaya hmmm..pokonya ruangan nya kecil deh. Masuk ke dalam dipanggil per 10 orang kurang lebih. Itu juga udah berasa sumpek. Belum lagi pemeriksaan ketat bikin saya parno inget pilem-pilem yang tas nya tiba-tiba diisi barang-barang terlarang. #kebanyakannontonsinetron
Nah, berhubung saya orang nya lupaan, jadi saya dan suami siapin perkiraan pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan. Berikut listnya...(ini khusus untuk visa F2 ya, kalau untuk visa lain bisa jadi beda)
Perkiraan pertanyaan tambahan:
1) bakal kerja disana ? NO
2) bakal kuliah disana? NO
3) disana bakal dimana?
2592 muskingum court columbus ohio
ZIP code 43210
4) program suami?
Ph.D higher education and student affairs
5) no telp 6145568458
6) do you have any family? NO
7) suami udah di US? Udah, itu alamat suami saya
8) sponsor? LPDP
9) berangkat sama siapa?
Suami pulang bulan april untuk menjemput saya dan anak2

Trus, wawancara nya pake bahasa apa? Pasti pada penasaran ya... hahaha.. kalo ga penasaran ga usah lanjut baca :P
Saya nyiapin diri diwawancara pake bahasa inggris. Beletat beletot yang penting jawab pake bahasa inggris. Berbekal latihan ma suami. Wkwkwk.. eh eh ... nyampe sana ditanya pake bahasa indonesia. Ah ga kece. Saya kan kecewa (padahal mah bahagia tingkat dewa) #nyengir

Jadi kayanya ya ... kalo kita cuma ngikut alias bukan pelaku utama perjalanan ini, ga akan ditanya pake bahasa inggris. Tapi kalo kita pelaku utama apakah kita sebagai pelajarnya, utusan kantornya ataupun untuk keperluan lain, kayanya baru deh ditanya pake bahasa inggris. Tapi sependengaran saya, interviewer nya ramah-ramah dan ngomongnya jelas kok. Ga kaya yang di pilem-pilem Hollywood :P
Hmmmm apalagi yaks... itu sih seinget saya mah ... monggo aja kalo ada yang mau ditanyakan ato dikomplen :D

Payakumbuh, 30 Mei 2016

Nb. Jangan bawa minuman atau makanan ya saat wawancara. Pas dipemeriksaan, makanan dan minuman yang kita bawa akan disuruh habiskan ditempat pemeriksaan atau kalo ga dibuang ke tempat sampah setempat. Sedih kan jadi mubazir kalo kebuang maaaah...

14 komentar on "Apply Visa Amerika (F2)"
  1. Makasih mba jd ada pencerahan nih 😊. Untuk visa anak dokumenya apa aja? Kalo anak bisa diajak masuk ga ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mba .. catatan saya di atas pengurusan visa saya sama anak2 .. dokumennya sama mba .. bedanya anak2 dibawah usia 18 th ga dateng juga ga papa k kantor kedutaan nya .. :) makasi ya mba udah mampir :)

      Hapus
  2. halo Mb, salam kenal, saya sdh mendapat visa F2 bulan november 2016. saat ini saya akan mengurus visa anak saya karena kemarin di bulan november anak masih usia 1 bulan. Untuk pengurusan visa anak, jika hanya salah satu org tua yg menguruskan apakah perlu dokumen tambahan yg menyatakan alasan kenapa suami tdk bisa ikut dlm wawancara? apakah perlu dokumen mengenai kelengkapan imunisasi?terimakasih atas infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah mba mona udah komen di blog ya ternyata. mohon maaf ... suka kelewat 😫😫 . gimana mba visa anaknya? mudah2an dilancarkan ya .. 🤗🤗🤗

      Hapus
  3. Suka banget baca blognya mba. Nnti pas mau apply visa f2 saya tanya ya mba. Soalnya degdegkan mau aplly visa f2

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah .. makasi ya mba udah mampir di blog ala2 ini. mudah2an visa nya lancar jaya. ditunggu mba kabar selanjutnya 🤗🤗🤗

      Hapus
  4. Alhamdulillah. Makasih Uni, saya dapat pencerahan dari tulisan ini. Pertama, penerima beasiswa LPDP bisa daftar F1 , ga harus J1.

    Aku mau tanya ni, F2 visa kan ga wajib ambil asuransi ya di sana. Uni ambil asuransi nggak? karena kalau yang J2 kan setahuku wajib ya.

    Maksih ya Uni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mas Adam. Wah ini adam anak ilkom bukan? Maaf ya kalo salah.

      Untuk jenis visa, setau ku perbedaan nya karena sumber pendanaan nya. Berhubung LPDP masuknya pendanaan dr negara, jadi dpetnya F1.

      Nah utk asuransi bener banget.. F2 ga harus ambil asuransi. Dan aku mpe skrg ga pake asuransi apa2 sama anak2. Alhamdulillahnya tiap berobat kita apply financial assistance ke RS kita berobat (ga semua RS punya program ini sih).

      Btw, mau ke state mana mas? Lancar2 ya semua urusannya .. :)

      makasi udah mampir ke blog ku :)

      Hapus
  5. Makasih sudah balas Uní. Saya anak Akuntansi uní. Hihi. Samo2 Urang awak..

    Karena berkeinginan utk bawa keluarga. Ambo cari states yg murah se ni. Sejauh ini tertarik sama Uní Georgia sama Ohio State.

    Uni. Kan sekarang LPdP udah tdk ada tunjangan keluarga. Nah, kira2 dana yg harus ada di rekening brp ya ni? Untuk mengurus I-20 (yg nantinya dipakai utk urus F-2)

    1 lagi uni. Sewa apartment nya berapaan Uni? Di buckeye ya?

    Trima Kasih Uni

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ga salah per orangnya

      9 bulan×biaya hidup/bulan
      9×$1500= $13,500

      dikonversi ke Rp jadi sekitar Rp.182.250,000

      tp kata suamiku perhitungan nya ga sesimple itu 😂😂😂 .. tapi lagi .. waktu itu di otakku harus siapin duit segitu .. kenapa ga dikali 3 ya kalo mmg perorang 🤔🤔🤔

      duh maaf ya uda jadi malah ngebingungin 🙈

      utk biaya apartment kampus $675/bulan. tapi baru buka lagi katanya tahun 2019 awal. krn skrh OSU lagi perbaikan sana sini.

      utk apartment luar kampus kisaran nya $900/bulan dg 1 kamar.

      semoga membantu ya ...

      feel free buat japri ya 😊

      Hapus
    2. Waah. Gpp Uni. Malah aku cari yg detil infonya. At the end dana yg uni sediakan 182jt itu atau dikali 3 lagi uni?

      Boleh japri via apa uni?

      Hapus
  6. Assalamualaikum mba, sy mau tau klo urus F2 harus ada A20 yach? Sy mau urus f2 untuk negara amerika bagian chicago. Mohon arahannya mba, msih bingung tentnag syarat2 pengajuan visa F2

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikunsalam mba nurul .. A20 atau I20 ya mba? kl yg dimaksud A20 saya kurang tau (maaf) .. tp kl I20 , bener banget. harus ada I20 utk mengurus F2. karena itu sbg bukti kalo kita terjamin disini (amerika ga mau byk gelandangan hehehehe).

      bingungnya yg mana nya mba? very welcome kalo mau DM juga mba ... 😁

      Hapus
  7. duh komennya yang nanya japri aku baru ngeh ... semoga ga zolim ya aku ... kl mau japri bisa ke dm instagram atau wa ke nomor +1 614 216 9652

    BalasHapus

Komenmu sangat berarti bagiku 😆
Makasi ya udah ninggalin komen positif ... 🤗