MOM BLOGGER

A Journal Of Life

Toilet Training (part 2)

Rabu, 11 Mei 2016

Udah mau 2 bulan Ziad lepas pospak pagi dan malam. Meski sesekali di malam hari bablas ngompol disebabkan oleh cuaca dingin, tapi overall Ziad sukses bebas pospak. Yeeeeeeeeeeee Alhamdulillah. Lalu gimana Zaid????

Seminggu setelah Ziad di training, sebenarnya saya lanjut ngetraining Zaid. Tapi ternyata Toilet Ttaining (TT) Zaid ga semulus Ziad. Ditambah pula saat itu Ziad entah mengapa jadi lupa kalo dia udah ga pake pospak. Alhasil... saya keteteran kaya pee and pup nya anak-anak #sorryyanglagimam heu...

Berdamai dengan keadaan dan ga mau stres yang berujung pada kelabilan emosi yang membuat anak-anak jadi korban, akhirnya saya putuskan untuk pending TT nya Zaid.

Dalam masa pending, saya tentunya tidak hanya diam dan benar-benar tidak mengusahakan apa-apa. Bagi saya, berdasarkan share ilmu dari para ibu-ibu yang udah pengalaman sebelumnya, dalam TT hal yang harus terus dibina adalah komunikasi. Seperti halnya juga dalam WWL. Kita perlu membangun komunikasi positif dengan anak terkait apa yang kita maksudkan, dalam hal ini Toilet Training. Contohnya, kenapa babang harus lepas pospak, kenapa babang buang air nya harus di kamar mandi, dan kenapa babang lainnya yang mungkin menjadi pertanyaan dan kebingungan buat anak.

Saya ga bisa meng-general-kan ya cara komunikasi orang tua. Nah kalo saya sama anak-anak, memang suka komunikasi detail ala-ala saya (apasih... heu) tentunya setelah jatuh bangun dalam memahami komunikasi mereka. Dan saya baru menyadari dan menerima secara ikhlas bahwa saya tengah membesarkan 2 anak dalam waktu yang bersamaan dengan karakter mereka masing-masing (saya ulang lagi ya), karakter mereka masing-masing. Selama ini, meski tau anak-anak memiliki karakter masing-masing, ternyata saya belum menerima dan menyadari sepenuhnya. Akibatnya, tak jarang saya frustasi ketika salah satu anak tidak sebaik anak lainnya. Dan jika dibiarkan tentunya akan berefek buruk pada pola asuh, didik dan komunikasi saya kepada anak-anak.

Seperti dalam toilet training ini. Perbedaan signifikan Za dan Zi ada pada ketergantungan dalam penggunaan pospak karena perbedaan standar nyaman masing-masing mereka. Za, anak super higienis dan perfeksionis susah move on dari pospak karena merasa terganggu ketika pee dan pup nya menghentikan aktivitas mainnya. Selain itu Za tidak menyukai celana nya basah dan anehnya nyaman meski pampersnya udah berat... huft.
Dilain sisi, Zi anak yang super cuek meski ada beberapa hal dimana Zi juga higienis tapi tidak selebay Za, karena Zi tidak terlalu perfeksionis. Anaknya ga neko-neko dan simple. Celana basah, ya ganti. Ga pake pospak ya pake kolor aja. Ga ada celana panjang, celana pendek pun jadi. Santai banget pokonya. Sehingga saat saya terapkan TT pada Zi, Zi lebih mudah diberi pengertian kenapa pee dan pup harus ke toilet, kenapa ga boleh di celana atau di pospak lagi tanpa terganggu dengan perasaan tidak nyaman nya.

Za? Anak ini akan lebih memilih mencari seantero rumah pospak nya ketimbang berdamai dengan rasa ga nyaman versi dia. Karena dia tau, tanpa pospak, maka pee dan pup nya akan berceceran. Huft. Sementara dilihat dari poin-poin kesiapan untuk di TT, Za sudah sangat siap. Kenapa?
* karena Za sudah bisa mengkomunikasikan kapan dia mau pee dan pup
* karena Za sudah bisa menggunakan toilet baik yang duduk atau pun yang jongkok

Namun sayangnya Za masih males ke toilet atau kamar mandi karena ke higienisan dia yang amit-amitlah. Kena air dikit aja kudu di lap mpe kering. Keinjek pasir doank jijikan. Huft. Meski kadang di situasi tertentu anak-anak masih bisa berdamai dengan kekotoran karena tengah menikmati asik mainnya.. hehehe... ah entahlah. Bingung saya. Dibilang higienis juga mereka seneng maen tanah (tapi emang kalo main tanah, pas lagi inget mereka minta cuci tangan, trus mainin tanah lagi .... wkwkwkwk).

Lalu, gimana selanjutnya TT za?

Nah, selama observasi saya dalam melihat kemungkinan cara-cara yang bisa ditempuh untuk mensukseskan TT nya Za, saya memperoleh ilham.. hehehe. Dalam pengamatan saya, Za tidak akan mau buang air baik pee atau pun pup saat dia tidak menggunakan underware. Dan pengamatan ini saya peroleh setiap kali mereka beres mandi.

Berawal dari saya yanh sedang memberikan time out (ala-ala saya) untuk Za. Kejadiannya sehabis mandi. Za lagi-lagi isengin Zi dan udah kelewat batas meski dikasih peringatan berkali-kali. Dalam time out, Za kebelet pipis. Saat itu saya kesel ampe ke ubun-ubun dan memilih mendiamkan permintaan Za yang mau pipis. Di hati saya cuma ngomel, 'udah aja keluarin aja pipisnya dimana kamu mau!'. Tapi saya salah. Kebiasaan pee sembarangan sehabis mandi ternyata tidak dilakukan Za. Dia masih menahan pipis nya (Saya udah kroscek di area dia berdiri, tidak ada genangan air heheh). Dan ketika saya bawa ke kamar mandi, bener aja, pipis nya ngocor banyak. Eh, saya kaget.

Setelah kejadian itu, saya perhatikan, Za mulai bisa mengontrol keinginan buang air nya ketika dia tidak menggunakan pakaian dalam. Sehingga saat memulai kembali TT untuk Za, saya melakukan beberapa percobaan.

1) percobaan pertama, (komunikasi untuk lepas pospak dan buang air di toilet saya lakukan tiap hari ampe mulut berbusa saat anak-anak umur 16m. Tapi bener-bener mulai nyinyiiiiiir banget saat mereka 2 th setengah), Za tetep saya pakein celana dalem dan mengingatkan selalu Za untuk buang air di toilet. Tak berapa lama, Za pipis di celana dan tapi tetep minta ke toilet. Oke, berarti dia ngerti pipis di toilet, tapi belum ngerti pipis yang dimaksud adalah mengeluarkan air seni nya di toilet, bukan malah hanya duduk di toilet setelah sebelumnya pipis di celana.

2) percobaan kedua, saya lepas celana dalem, langsung pakein celana luar biar ada kesan semriwing kaya ga pake apa-apa. Lumayan berhasil. Za mulai bisa kontrol keinginan buang air nya sampe ke toilet. Namun sayang, saat keasikan bermain dia masih lupa untuk mengontrolnya.

3) percobaan ketiga, saya lepas semua celananya alias Za ga pake apa-apa. Dan berhasil. Pee dan bahkan pup sekalipun dia minta ke toilet. Namun jika percobaan ini diteruskan, saya yang dimarahin oma nya karena ngajarin anak yang ga bener alias membiasakan anak ga pake celana. Heu

4) percobaan terakhir, pake saruuuuuuuung. Wkwkwkwwk. Kenapa sarung? Karena biar gampang kalo kebelet langsung angkat ga perlu buka-buka celana. Terus biar za tetep ngerasa ga pake apa-apa sehingga dia tetap kontrol kapan harus ngeluarin hajatnya.

Alhasil???? TT Za saya nobatkan sukses semenjak malam ketiga keberhasilan Za tidur tanpa ngompol dan 3 hari penuh peningkatan berdasarkan jumlah celana ompol selama Za di sekolah yg tiap harinya berkurang dan menjadi tidak ada sama sekali. Yeeeeeeey... alhamdulillah.

Ternyata Za bisa menyusul adiknya bebas pospak dan mulai mandiri dalam memenuhi kebutuhan pribadi mereka termasuk dalam buang air ini. :)

Begitu deh cerita singkatnya. Pelajaran buat saya pribadi dalam membantu anak dalam mencapai kemandirian dan capaian perkembangan mereka adalah S A B A R. Hehehe.. terutama bagi ibu yang memiliki anak kembar dimana mungkin atau seringkali satu anak memiliki kebisaan melebihi anak satunya. Sehingga kita tidak terlarut pada kelebihan anak yang satu dan melupakan kelebiha anak satunya.

Udah sih gitu aja ... rekaman singkat kesuksesan TT Zaid. Semoga jadi cerita dan mungkin bisa dicoba buat ibu-ibu lain. Yang mau baca kisah TT ziad bisa klik link ini ya ... makasi

http://putrihasma.blogspot.co.id/2016/03/toilet-training.html

Payakumbuh, 12 Mei 2016

Post Comment
Posting Komentar

Komenmu sangat berarti bagiku 😆
Makasi ya udah ninggalin komen positif ... 🤗