MOM BLOGGER

A Journal Of Life

Anak Susah Makan?

Sabtu, 24 September 2016

Ecieeeeee nulis tips niiiih....

Ga sih. Cuma mau share aja soal makan dan memakan. Dimana peristiwa ini menjadi sangat berharga bagi para emak mengingat memakan adalah proses memasukan asupan gizi biar jadi manusia yang tumbuh sehat bin cerdas.

Eh eh ga tau nya banyak emak yang setress bin panik karena anak nya susaaaaaaaaaaah banget makannya.

Hmmmm ... oke! Yuk ah cari tau dulu beberapa hal yang mungkin jadi faktor anak jadi susah makan.

★ Pernah dipaksa?
Ayo inget inget lagi mak. Pernah ga sekiranya kita maksa anak buat emam alias makan. Baik itu saat mereka baby (awal MPASI) ataupun saat mereka mulai mengenal atau bisa pilah pilih makanan. Kalo emang merasa pernah dan bahka masih berlangsung sampe sekarang, yuk ah bersabar dulu untuk ga maksa mereka. Biarkan mereka milih makanan apa yang mau mereka makan.

Mereka mau nya jajan aja?
Nah kalo mereka mau nya jajan aja, hati-hati. Anak-anak tau jajan kan dari emak ma bapak nya :P
Trus gimana donk biar mereka ga minta makanan warung mulu? Hehehe..siap-siap kuras emosi, tenaga, dan pikiran aja ya mak. Mengubah kebiasaan anak emang butuh sabar tingkat dewasa dan konsisten tingkat tinggi. Berani menanam harus berani memetik hasilnya donk. Kalo hasilnya ga sadar ternyata bukan yang diharapkan, bisa jadi saat nanam nya kita juga ga sadar lagi nanam bibit apa. Hehehe...

★ Faktor keturunan
Coba liat kebelakang, dulu jaman kita sama pasangan kita kecil, susah makan juga ga? Kalo iya, bisa jadi ada kesamaan dalam hal ini.

Picky eater?
Picky eater alias pilih-pilih makanan emang jadi ciri khas anak-anak deh kayanya. Meski ga semua anak, tapi rata-rata anak memang suka pilih makanan yang mereka suka. Ada yang pilih-pilihnya kebangetan sampe makanan kesukaan nyuma mentok di telor doank, ada juga anak yang lumayanlah banyak varian makanan kesukaannya. Nah kalo anaknya kaya gini sih masih lebih enak. Kasih aja apa yang mereka suka. Selipin makanan lain yang mereka ga suka tapi jangan sampe terlihat (andalan saya nih yang beginian) hehehe...

Ga masuk semua poin di atas? Ya emang sih kalo mau dibahas penyebab anak-anak susah makan tu bejibuuuuuun. Faktor nya eksternal dan internal (udah kaya partai aja). Nah kita sebagai orang tua harus ngeh sama faktor penyebabnya. Jangan pake gengsi selangit mengakui kesalahan yang pernah dibuat. Kadang minta maaf ke anak itu penting banget untuk bisa masuk ke sisi terdalam hati mereka. Sehingga mereka bisa masuk juga ke sisi terdalam hati kita yang ga mau mereka kekurangan asupan gizi.

Ingat ya mak. Anak itu manusia kaya kita. Jadi inget ingeeeeeet terus apa sih ya kita suka dan tidak suka. Dan plis jangan lakuin hal yang jelas kita ga suka ke anak. Kita ga suka dipaksa, misalnya, ya udah jangan paksa anak juga. Masih ada cara yang lebih elit, dengan teknik negosiasi. Kamu mau A? Kamu harus B dulu. Misal, kamu mau main diluar? Kamu harus makan dulu. Ga mau makan? Boleeeeeeh. Tapi kamu ga dapat hak main ya. (Saya sih gitu, dan ya sampe sekarang masih berhasil aja. Sekaligus asah logika dan critical thinking nya anak-anak juga)

Udah ah ga usah pusing. Selagi mereka masih mau makan (ga harus nasi lhoooo) baik itu makan jagung, keju, roti, wortel, kentang atau bahkan telor aja berarti mereka masih normal. Karena makan itu ga hanya nasi (kita aja orang indonesia yang kaku ... ga makan kalo belum nemu nasi :P ).

Percayalah, anak itu pinter kok. Yang bikin mereka miss behave ya kadang dari kitanya sih orang tua ... ayo jujuuuuuur :P

Selamat observasi dan menyadari kesalahan diri plus belajar ya mak emak .... belajar sama anak juga menyenangkan lhoooo.

Ssssssst, kasih obat tradisional atau pun resep dokter boleh boleh aja sih. Tapi ingat, jangan dipaksa. (Saya sih ga suka dipaksa disuruh minum obat. Tapi akan memaksa diri minum obat kalo udah harus bin wajib. Nah saya perlakukan logika begitu juga ke anak-anak. Sambil bangun dialog, sambil negosiasi, sambil ajak anak mikir kenapa sih harus minum obat, atau makan sayur, atau makan buah)

Colombus, 22 September 2016
9.10 pm est

Post Comment
Posting Komentar

Komenmu sangat berarti bagiku 😆
Makasi ya udah ninggalin komen positif ... 🤗