MOM BLOGGER

A Journal Of Life

Nulis Cerpen? Siapa Takut!

Kamis, 30 Agustus 2018
Pake hitam? Siapa takut!
Nulis cerpen? Ga boleh takut!

Akhir tahun 2017 lalu saya alhamdulillah memperoleh kesempatan yang menantang diri menulis sebuah cerpen untuk komunitas blog tercinta, 1 minggu 1 cerita atau disingkat 1m1c. Tadinya saya pikir proyek buku kroyokan alias antalogi ini hanya sekedar guyon belaka. Maklum, proyek nulis buku ini bukan tawaran pertama yang saya dapatkan #ciiletawaran. Bedanya, ajakan proyek menulis kali ini benar-benar digarap serius dan terealisasi dengan baik. Yeeeeeeey!

pict from ellunar publisher

Berhubung proyek menulis ini proyek barengan, jadi untuk menentukan segala sesuatunya tentu merupakan hasil musyawarah anggota komunitas 1m1c yang berminat ikut proyek. Dan musyawarah pertama yang kami lakukan yaitu menentukan jenis buku yang akan digarap. Fiksi atau non fiksi, itulah dua pilihan yang ditawarkan. Daaaaan ... setelah persaingan suara yang cukup sengit, akhirnya karya fiksi pun memenangkan suara.

Saya? Tentunya nyali langsung keburu ciut berhubung fiksi bukanlah minat saya. Hiks! Tapi apa boleh dikata. Take it or leave it! Kesempatan tak datang dua kali. Ayo coba dulu! Begitu lebih kurang hati saya memotivasi diri 😆.

Berbekal pengalaman menulis cerpen di zaman SMP, saya pun memutuskan untuk memilih cerita pendek sebagai jenis karya fiksi saya. Dengan mengangkat tema Cinta, Budaya dan Generasi Kita, saya pun memulai memikirkan ide cerita berikut plot beserta tokoh-tokohnya.

Bagi seorang saya yang bukanlah pembelajar sejati dimana saya masih sangat malas mempelajari kaedah-kaedah kepenulisan, menulis fiksi terasa begitu teramat sulit. Berbeda dengan menulis blog yang bahasa dan kepenulisan tak berkaedah suka-suka saya saja 😅😆. Alhamdulillah tim editor sangat sabar menghadapi karya saya yang banyak nilai merahnya. Dan sebuah pelajaran gratis pun saya peroleh dari saran editing yang diberikan editor tercinta, sang novelis muda kita, neng Ayu Welirang.

cuplikan cerpen saya hehehe

Kini tinggallah waktu menunggu terbitnya sebuah karya fenomenal yang akan kami, saya dan member lain, nantikan. Rasanya sudah tak sabar menanti bulan Juli. Dan hal yang membuat saya bangga bukan karena saya berkarya dalam proyekan antologi ini melainkan karena saya berkesempatan berkarya bersama cerpenis hebat member 1m1c. Asli!!! Tulisan member yang lain ide ceritanya udah kaya cerpenis handal. Tulisan mereka mampu memainkan imajinasi kita sehingga melayang mengikuti alur cerita.Pikiran membawa raga kita masuk ke dalam alur cerita. berpindah menjadi karakter satu ke karakter lainnya sesuai tokoh yang tengah berada dalam cerita. Hidup! Cerita pendek karya teman-teman 1m1c ini benar-benar hidup.

Penasaran dengan bukunya? Teman-teman bisa peroleh buku Antologi Cerpen ini melalui admin @1m1c di akun INSTAGRAM nya. Atau bisa juga melalui INSTAGRAM @ellunarpublish_

Atau klik LINK berikut: http://bit.ly/POBuku1M1C

Dengan membeli buku Antologi Cerpen ini, artinya teman-teman turut serta memajukan budaya literasi bangsa. Ayo berkarya untuk Indonesia!

Salam dari kami, member 1 minggu 1 cerita!

Menulislah! Walau hanya 1 cerita :)

Columbus, 2018


RESENSI Buku:
*  http://www.ellunarpublisher.com/2018/07/antara-cinta-budaya-dan-generasi-kita.html

Apa kata Admin 1M1C tentang karya pertama komunitas 1m1c:
https://www.1minggu1cerita.id/launching-buku-antologi-1minggu1cerita/
2 komentar on "Nulis Cerpen? Siapa Takut!"

Komenmu sangat berarti bagiku 😆
Makasi ya udah ninggalin komen positif ... 🤗