MOM BLOGGER

A Journal Of Life

Campus Orientation

Kamis, 28 Juli 2016

Jalan-jalan ke OSU (Ohio State University) sama halnya kita jalan-jalan mengitari kota Colombus. Karena memang kampus ini nyaris mengisi separo kota Colombus, ibukota negara bagian Ohio, Amerika Serikat.

Pagi itu di tengah cuaca yang masih bersahabat, saya sekeluarga beranjak dari kenyamanan apartemen untuk mengitari kampus. Kami memilih menggunakan fasilitas bus kampus. Berangkat dari apartemen menuju halte berjalan kaki. Anak-anak di dorong menggunakan stroller. Menunggu sekitar 15 menit bus pun datang.

Sebagai warga baru, saya nyinyir bertanya kepada suami tentang apa hal yang tabu dilakukan disini dan apa hal yang sebaiknya kita lakukan. Perjalanan ke kampus pun berasa orientasi kampus. Menariknya, bus kampus sudah dilengkapi dengan mesin yang akan memperkenalkan setiap gedung yang dilewati bus kampus. Sehingga saya hanya akan bertanya arti dari gedung tersebut dimana suami pun belum mengenal keseluruhannya. Tampaknya butuh explore lebih dan mendalam agar bisa memperkenalkan nya lebih detail kepada pembaca.

Kesan pertama yang saya dapati saat berkeliling kampus adalah benar, saat ini saya berada di Amerika. Negara dimana gambaran keseharian dan gedung-gedungnya hanya bisa saya liat melalui film hollywood sekarang berwujud asli di depan mata. Tidak bisa lagi mengelak atau beralibi, ah Amerika ga ada bedanya dengan Indonesia. Karena Amerika yang saya kunjungi ini memang benar-benar berbeda dari Indonesia. Apalagi kota besar skala New York, DC dan Los Angeles ya????

Ya, kota saya tinggal bukanlah kota metropolitan. Apalagi lokasi kampus bukanlah di pusat kota  melainkan di pinggirannya. Namun tetap saja, kecanggihan hidup tidak dapat dielakan disini. Meski saya belum menemukan mall menjulang tinggi disini, tapi saya merasakan keteraturan hidup melebihi tingginya kelas sosial yang disajikan mall mall di Indonesia. Yang saya rasakan tidak ada kepongahan dalam sarana publik nya. Yang ada hanyalah arahan agar setiap individu memiliki disiplin dan keteraturan. Perasaan yang saya rasakan ini sebenarnya mulai terasa di kota Bandung setelah dipandu kang Emil. Ada perasaan 'dipaksa' disiplin dan teratur. Semoga saja Indonesia terus mengadopsi nilai-nila positif bangsa barat ini.

Hmmmm ... ini tulisan awalan tentang OSU. Kampus 90 besar terbaik dunia dan 20 besar terbaik di Amerika. Kampus dengan nilai sejarah tinggi yang banyak melahirkan ilmuwan-ilmuwan ternama. Yah, saya harus terus explore. Karena kesempatan ini tak datang 2 kali ... semoga saya fokus. Hehehe

Colombus, 28 Juli 2016

Saat kondisi masih jetlag, 4 tulisan singkat selesai sebagai draft. Dan ini tulisan terakhir untuk hari ini. Semoga foto-fotonya segera terlengkapi sehingga bisa di publish. Aamiin...

Post Comment
Posting Komentar

Komenmu sangat berarti bagiku 😆
Makasi ya udah ninggalin komen positif ... 🤗