MOM BLOGGER

A Journal Of Life

Resep Tiramisu Creamy bin Halal

Minggu, 22 Oktober 2017
TIRAMISU
Hei ho ... Ayo ayo siapa pecinta Tiramisu? Bagi yang mengikuti tulisan saya yang berjudul Tiramisu Halal mungkin bakal tau resep tiramisu yang saya pake. Coba, Tiramisu berasal dari Jepang apa Itali? Tenang ... Kali ini kita tidak akan membahas perihal asal muasal Tiramisu. Tapiiii ... Yups, kali ini kita akan berbagi resep Tiramisu yang super duper creamy yang tentunya bisa dieksekusi langsung di dapur mungil kita. Apa aja sih alat dan bahan yang dibutuhkannya?

Oke, pertama-tama sebelum ke alat dan bahan, perlu diketahui bahwa dalam resep Tiramisu ini, kita akan membagi cream Tiramisu menjadi 3 jenis, yaitu:

  1.  Custard cream
  2. Cheese cream (Mascarpone)
  3. Whipping cream

Sip! Langsung saja ke alat dan bahan.

Bahan UTAMA
penampakan bahan utamanya
  1.  Biskuit Lady Fingers Savoiardi
  2. Coklat bubuk
  3. Kopi
  4. Mascarpone / Cream Cheese
  5. Whipping Cream
  6. Gula
  7. Telur
  8. Tepung
  9. Lemon
  10. Vanila
  11. Butter (unsalted)
  12. Susu cair
Yuk kita lihat lebih detail bahan dan cara pembuatannya.


Alat yang dibutuhkan dalam pembuatan Custard cream dan Kopi
1. Panci
custard cream lagi disaring
2. Mangkok tahan panas
3. Spatula
4. Gelas
5. Sendok
Bahan Custard:
1. Susu cair 150 ml dan 50 ml
2. Gula pasir 50 gr dan 25 gr
3. Unsalted butter 28 gr
4. Tepung terigu 17.5 gr (2 sdm)
5. Kuning telur 3 butir
6. Ekstrak vanilla 15 ml (1 sdm)

Cara membuat krim custard:
  •  Panaskan 150 ml susu cair dan 50 gr gula pasir di panci dengan api sedang. Aduk sesekali hingga panas (tidak perlu sampai mendidih)
  • Diwaktu yang bersamaan, sembari menunggu susu panas, di mangkok tahan panas, masukkan 50 ml susu, 25 gr gula pasir, 3 butir kuning telur dan 2 sdm tepung terigu. Kocok menggunakan whisk hingga bulir tepung hilang dan berbusa. 
  • Masukkan campuran susu dan gula yang telah dipanaskan tadi ke dalam kocokan telur secara perlahan dengan tetap mengaduk kocokan telur agar tidak muncul scrambled (1 tangan mengocok kocokan telur, 1 tangan lagi menuang perlahan susu dan gula yang telah dipanaskan tadi). Kocok hingga campuran susu dan gula habis.
  • Masukkan kembali adonan yang telah dicampurkan tadi ke dalam panci dan panaskan di atas api sedang. Aduk perlahan dan merata hingga muncul letupan kecil dipermukaan adonan.
  • Pindahkan adonan ke mangkok tahan panas dengan menggunakan saringan agar bulir tepung yang terbentuk tersaring. (Pastikan krim yang dihasilkan lembut dan halus tanpa buliran)
  • Masukan butter dan ekstrak vanila ke dalam krim yang masih panas tadi. Aduk hingga rata.
  • Tutup adonan krim custard ini menggunakan plastik wrap dan mengenai permukaan krim agar bagian atas krim tidak mengeras ketika disimpan di lemari es.
  • Simpan adonan custard di freezer selama 45 menit atau di bagian bawah lemari es selama 4 jam.

Bahan Minuman Kopi
1. Kopi bubuk hitam (tanpa ampas) 3 sdm
2. Gula pasir 3 sdm
3. Air panas 200 ml

Cara membuat minuman kopi:
  • Campurkan kopi dan gula ke dalam sebuah gelas, masukan air panas dan aduk hingga gula tercampur rata.
  • Simpan minuman kopi di lemari es bagian bawah.

Huft ... tarik nafas dulu. Memang proses membuat krim custard ini proses yang terlihat paling rumit. Terutama pas eksekusi pertama kali dan baca instruksinya yang huwooow ... panjang ...

Okeh! Next, siap untuk tahapan selanjutnya?

Sembari menunggu krim custard dan kopi dingin, kita bisa eksekusi tahapan berikutnya.

Alat dan Bahan
maap yak potonya kurang jelas .. ini video yang SS sebenernya

Alat Whipped cream
  1. Seperangkat alat Mixer
  2. Spatula

Bahan Whipped Cream
  1. Whipping cream 200 ml
  2. Gula pasir 50 gr
  3. Perasan lemon 1 sdt
  4. Ekstrak vanila 1 sdm

Cara membuat whipped cream
  • Masukan whipping cream dan gula kedalam wadah mixer dan kocok dengan kecepatan sedang 
  • Setelah setengah mengembang (terlihat dengan munculnya busa) masukkan perasan lemon dan ekstrak vanila secara bertahap
  • Kocok hingga adonan whipping cream kaku (jika dibalik tidak akan tumpah. Ingat, jangan over mixing kalo ga mau whipping cream nya berubah jadi butter).

Nah, saatnya mencampurkan semua bahan agar menjadi krim tiramisu super duper creamy.


lebih kurang begini jadinya setelah disusun dan ditutupin krim creamynya. Ratain deh ...
  • Campurkan mascarpone cheese (bisa diganti dengan cream cheese) dengan krim custard di sebuah wadah besar. Aduk menggunakan whisk hingga adonan benar-benar lembut tanpa bulir-bulir mascarpone cheese/cream cheese (bisa juga sebelum krim di campur, mixer mascarpone / cream cheese sebelum dicampur dengan krim custard)
  • Setelah mascarpone / cream cheese tercampur rata dengan krim custard, masukkan setengah adonan whipped cream lalu aduk balik (jika tidak aduk balik maka adonan whipped cream bisa mencair ya). Lakukan hal yang sama hingga adonan whipped cream habis.
  • Siapkan wadah untuk menyusun biskuit lady finger savoiardi (untuk estetika, gunakan mangkok bening agar tiramisu terlihat cantik ya)
  • Keluarkan minuman kopi dari kulkas dan pindahkan ke wadah yang memiliki permukaan luas seperti piring atau mangkok (jangan pake gelas agar ketika mencelup biskuit kita bisa celup balik, bukan celup tenggelam
  • Celup balik biskuit lady fingers dan tata memenuhi permukaan wadah
  • Tutup permukaan biskuit dengan adonan krim tiramisu hingga rata. Lakukan hal yang sama hingga adonan krim tiramisu dan biskuit lady fingers habis. Pastikan bagian atas adalah krim ya, jangan sampe yang paling atas biskuit.. hihihi
  • Hal terakhir, tabur bubuk coklat unsweetened di atas permukaan krim tiramisu hingga merata. Bisa ditambahkan irisan dark coklat sebagi pemanis tampilan tiramisu kita.

Terlihat rumit tapi kalo udah berhasil nyoba pertama kali, dijamin ketagihan dan bikin makin expert buat ngebikinnya.
Selamat mencoba ...

***
NB: Semua foto adalah hasil screencshot video saya ... jadi maapkeun kalo foto-fotonya ya begitu deh ya ... Cuma foto yang pertama dan kedua yang foto beneran jepret ... hehehe
4 komentar on "Resep Tiramisu Creamy bin Halal"
  1. Saya mah pgn yg udah jadinya aja deh hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha selagi pas dikantong boleh mba .. kalo disini tiramisu ukuran kecil $3 bisa bangkrut. hiks.. jadi yowes bikin sendiri.. dpet banyak. cuma hati2 aja mba.. bikin timbangan geser kanan #lol

      Hapus
  2. Aiihhh... Saya suka saya suka...
    Sebenernya bikinnya gampang.. sayang bahannya itu loh.. harus ke supermarket besar dulu.. agak males keluar rumah jaoh2.. masih belum terbiasa dengan macetnya jekardah.. :p

    Salam kenal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah saya juga ntar ga tau gimana nih mba kl dah pulang ke indo .. kuatkah ke SPM aja sekedar beli resep tiramisu wkwkwkwkw ..

      makasi udah mampir mba .. salam kenal jugaaaaa :*

      Hapus

Komenmu sangat berarti bagiku 😆
Makasi ya udah ninggalin komen positif ... 🤗