MOM BLOGGER

A Journal Of Life

Octonauts: Tontonan Edukatif Bebas Rasa Khawatir

Selasa, 10 Oktober 2017
Dunia anak-anak adalah dunia imajinasi. Sehingga ga salah seandainya anak berimajinasi yang seringnya bikin ga mudeng di otak orang dewasa. Tapi tapiiii, mengarahkan imajinasi sehingga berkembang lebih baik dan ke arah yang lebih positif tentunya menjadi hal yang penting juga disamping si imajinasi itu sendiri. Jadilah kita orang tua harus sedikit lihai melihat kalo-kalo ada imajinasi yang dikhawatirkan berkembang ke arah yang tidak diharapkan. Nah salah satu hal yang mempengaruhi alur imajinasi anak adalah lewat tontonan.

Tontonan memberikan daya khayal yang luar biasa terhadap anak-anak. Di satu sisi bisa baik disi lain bisa jadi buruk. Yang buruknya ini nih yang bikin saya khawatir. Seperti kekhawatiran saya ketika anak-anak terlalu mengidolakan tontonan balap-balapan mobil sejenis Blaze and Monster Machines, Lightening Mcqueen , atau film-film serupa lainnya. Saya khawatir anak-anak nanti ga aware sama rambu-rambu lalu lintas dan speed limit meski di film-film tersebut juga diajarkan perihal rambu lalu lintas. Plus bikin mereka mikirnya balapan terus. Duh kaya sugesti alam bawah sadar gitu ga sih. Jadilah si hati kecil ini agak khawatir kalo anak-anak dibiarkan terus-terusan menonton film-film itu. Sehingga disaat liburan musim panas, jatah nonton anak-anak dikurangi drastis bahkan mereka sempet ga nonton selama 1 bulan full. Prestasi buat umi #horrrraaaaaay.


Ditengah kerinduan dimana saya sekeluarga sangat mencintai aktivitas 'menonton TV' sebagai salah satu cara kami untuk ber-quality time sekeluarga #eitdahgayabener, tak sengaja kami menemukan tontonan menarik yang sangat-sangat-sangat bagus untuk di tonton, baik buat anak-anak ataupun orang dewasa. Kenapa??? Karena tontonan ini sangat edukatif dan penuh unsur pengetahuan di dalamnya. Film apakah ituuuuuu ... Yup! Sesuai judul, OCTONAUTS!

source: Google
Film kartun yang menceritakan sekelompok tim penyelamat hewan-hewan laut bernama Octonauts ini bagi saya memiliki daya tarik tersendiri. Selain si film nya memiliki unsur edukatif, daya tarik tambahannya ada pada penyajian wujud biota laut versi aslinya. Sehingga saya dan anak-anak bisa mengetahui 'oh begini bentuk asli si hewannya toh'. Terus ... hal menarik lainnya, film Octonauts ini  tidak memiliki tokoh antagonis seperti halnya di film-film kartun lainnya. Seperti Dora dengan si SwiperBlaze dengan si Crusher nya, atau Mcqueen dengan tokoh antagonis di setiap seri filmnya. Yang jujur saja si tokoh antagonis ini entah kenapa lebih menarik buat Ziad (si bungsu saya) sehingga hal ini menambah lagi rasa khawatir saya.

Nah tulisan kali ini sengaja saya selipkan sedikit info terkait film ini. Barangkali ada yang mau intip film nya dan barangkali ada yang penasaran atau buat referensi sebelum disuguhkan ke si kecil. 🤗

Intro
Seperti biasa, film kartun tentu identik dengan musik dan nyanyi-nyanyian khas setiap film. Nah, Octonauts ini juga punya. Dengan jargon Explore, Protect and Rescue film ini selalu dimulai dengan musik intro yang sangat bersemangat. Silahkan klik link buat yang penasaran dengan theme song nya ...

Pembukaan Cerita
Tim Octonauts hidup di bawah laut di sebuah kapal selam bernama Octopod. Berawal dari sinilah biasanya cerita bermula, atau bisa juga cerita bermula dari sekitaran laut karena tim Octonauts yang sesuai jargonnya senang explore, agar mereka bisa memastikan tidak ada hewan atau biota laut yang dalam keadaan bahaya. Jadi ceritanya tim ini sejenis tim polisi bawah laut gitu ... hehehe

Problem / Klimaks
Nah biasanya kan sebuah film pasti ada something wrongnya yang justru itu jadi jalan cerita utama. Kalo ga ada masalah ga ada cerita kan.. hehehe .. Biasanya si masalah itu terkait hal-hal yang membahayakan biota yang terdapat di sub judul setiap serinya. Misal, subjudulnya 'Jelly Fish Bloom', nah si seri tersebut pasti akan bercerita tentang Jelly fish ini. Tentang karakternya, ciri fisiknya ataupun kebiasaan hidupnya.

Creature Report
Setelah menyelesaikan permasalahan yang dihadapi, tim Octonauts akan memberikan laporan tentang makhluk hidup yang sedang in story. Penyajian laporannya dalam bentuk lagu sehingga anak-anak sangat mudah mengingat apa aja sih karakteristik hewan ini dan itu setelah sebelumnya si karakteristik hewan tersebut kita saksikan sendiri di cerita yang tersaji.

Aaaaaaah pokoknya saya jatuh cinta banget sama film kartun ini. Mendadak berasa cerdas dan jadi tau tentang biota bawah laut dengan menyenangkan. Jadi bisa dibilang film Octonauts ini sejenis media ajar yang bisa digunakan buat mengenalkan biota bawah laut untuk anak usia dini.

Biar lebih kenal lagi sama si Octonauts Team, berikut bocoran nama-nama tokohnya.


Udah sedikit kebayang kan gimana serial ini. Buat yang masih belum puas, bisa jalan-jalan ke link berikut.

Selamat menonton 🤗 dan semoga tontonan berkualitas seperti ini semakin banyak ya ... Agar aktivitas menonton anak-anak tak lagi diikuti rasa khawatir 😊.

Seaman apapun tontonannya, tetap mendampingi anak saat menonton itu penting ya ...😆

Columbus, 9 Oktober 2017
18 komentar on "Octonauts: Tontonan Edukatif Bebas Rasa Khawatir"
  1. Wah lucu... Octonauts, kebetulan lagi cari film buat anak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus mba filmnya.. katanya udah ada juga di indonesia ya mba.. tp lupa euy channel apa.. yg pasti ada di you tube sih hehehe.. makasih mba udah berkunjung

      Hapus
  2. makasiih mbak, dapet referensi film baru yang aman buat anak nih..

    BalasHapus
  3. Octonauts..oke, noted:)
    Anak-anak saya jarang nonton TV Mbak..TV nyala untuk channel khusus anak saja, itupun nggak setiap hari.
    Bisa untuk referensi ini...Terima kasih infonya, Mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak2 jadwal nonton juga sekali seminggu mba.. setelah nemu octonauts.. jd nya setiap sabtu nonton octonauts terus..ga papa deh ampe bosen.. kl udah bosen brrti ga ada nonton lagi kecualo discovery channel hihihih

      Hapus
  4. ada di channel mana mbak? coba aku search di YouTube ya. Anak anakku suka tayangan serial ttg animal atau kartun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. katanya di indonesia udah masuk disney junior mba.. kl ga ada..bisa di akses lewat you tube mba.. udah byk episodenya di you tube juga.. mudah2an anak2 nya suka ya mba ..🤗

      Hapus
  5. Aah udah lama ga pernah nonton pelem anak2, soale anaknya dah abege. Tapi beneran loh, mau anak kecil, abg, kalo nonton tetep mesti didampingi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. anaknya temenku abege suka pilem ini mba 😂😂😂. setuju mba.. soalnya gadget jaman now itu banyak celah 'aneh2nya' hiks

      Hapus
  6. Ia mbak, jaman sekarang emang kita kudu lebih waspada ya, jangan sampai anak dibiarkan nonton film yang nggak bermutu dan nggak ada edukasinya sama sekali. Sekali pun yang ditonton film kartun, krn banyak juga sih film kartun yang jauh dari edukasi.

    Nah dari ulasan mbak tentang film kartun octnauts, boleh juga bisa jadi recomnended buat tontonan film anak. Ya bagusnya memang saat anak menonton ibunya juga ikut mengawasi yaak, jd sama2 dpt edukasinya 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengennya gadget off along the times mba.. tp masih mrgkak utk off.. krn saya nya suka nonton (huft) .. alhamdulillah si octonauts ini saya jg suka.. jd doyan deh buat nemenin nontonnya.. hihihi

      Hapus
  7. Belum pernah nonton nih saya. Boleh nih dicari downloadnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. di yoi tube un.. hihihi..eh di disney juga ada katanya..

      Hapus
  8. belum pernah nonton deh, pasti senang ya anak-anakku

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mba ditonton.. biota bawah laut kita juga jadi tau.. jd anak2 jd seneng deh sama hewan2 bawah laut.. dan tau nama2nya.. sampe ke yg microba2 ..😂

      Hapus
  9. Ntar download filmnya buat keponakan ah...😄

    BalasHapus

Komenmu sangat berarti bagiku 😆
Makasi ya udah ninggalin komen positif ... 🤗