MOM BLOGGER

A Journal Of Life

Jurnal Ramadan: Day 2

Sabtu, 25 April 2020
Alhamdulillah hari ini masih berjalan lancar. ZaZi mulai terbiasa meski mereka masih shock menyadari kalo Ramadan itu 30 hari lamanya. Jadi ternyata mereka mikir kalo Ramadan itu cuma sehari 😂😂.

sumber:Pexels 

Meskipun lancar, namun agenda hari ini agak lebih kacau alias tidak sesuai dengan jadwal. Pasalnya saya kebangun gara-gara satpam perumahan teriak sahur jam 2.30 dini hari. Sedangkan saya baru tidur jam 11 malam tanpa tidur siang yang cukup. Karena khawatir bablas kalo saya tidur lagi, akhirnya saya bangun untuk masak. Dan baru tidur lagi ba'da subuh jam 5. Itupun nunggu Zaynab ngantuk juga. Karena dia ikut sahur seperti hari sebelumnya. 

Aktivitas Ramadan yang di kertas
Tulis tangan saja hehehe

Nah hal positifnya, aktivitas Ramadan berjalan sesuai rencana. Berbeda dengan hari kemaren yang mana aktivitas Ramadan dicomot berdasarkan mood ZaZi. Sedangkan hari ini stimulusnya menggunakan list aktivitas Ramadan yang sudah ditempel di dinding.

Apa aja aktivitasnya? Yaitu membuat bendera beberapa negara di dunia dengan fokus di benua Eropa. Zaid memilih negara Jerman, Finlandia, Kazakhstan, Swedia dan Britania Raya. Sedangan Ziad memilih Finlandia, Iceland, Britania Raya, Kazakhstan, Perancis dan Spanyol. 

Sedang Mencari Bendera Negara

Seharusnya, mereka diminta untuk mempresentasikan negara beserta ibukotanya. Namun saya sudah harus kembali menidurkan Zaynab dan Abinya sudah mulai lemah baterai 😅. Akhirnya aktivitas dicukupkan hingga kegiatan mengingat negara dan ibukota negaranya. 

Ziad Munif Alfatih

Jika mereka masih bisa di trigger, besok rencananya saya akan mengajak mereka untuk eksplorasi negara-negara tersebut. Sehingga mereka bisa membayangkan seperti apa negara yang mereka pilih tersebut.

Zaid Mursyid Atsabit

Selain itu, di siang menuju sore, kami kembali melakukan percobaan kecil-kecilan. Tentang prinsip tekanan udara yang memiliki temperatur berbeda, panas dan dingin. Alat dan bahan yang digunakan yaitu, lilin kecil (tea candle, tapi kami menggunakan lilin besar yang dipotong yang ditaro di atas tutup botol saos ABC 😅), botol bening besar, wadah mangkok besar, dan pewarna makanan.


Cara mainnya, oleskan pewarna makanan ke bagian belakang tutup saos ABC (tea candle bagi yang punya). Isi air mangkok besar dan letakkan lilin di atas air tersebut. Nyalakan api dan tutup lilin dengan botol bening. Maka air terlihat naik ke dalam botol dan lama kelamaan api akan padam. 


Untuk Good Deeds Calendar, mereka terlihat lebih antusias, terutama Zaid. Zaid kebagian mencuci baju, Ziad mengasuh Zaynab. Nah lucunya, Zaynab ga mau dikasih perhatian oleh Ziad. Dan Ziad overprotective bikin Zaynab ga nyaman malah jadi sering ngadu dan minta gendong saya atau Abinya 😅. Sedangkan good deed Zaid hari ini cenderung lancar karena hanya mencuci baju pake mesin cuci 😂.

Aslinya anaknya protes. Karena dia berfikir akan mencuci baju dengan sikat. Tapi karena dia udah keburu mandi, jadi saya larang karena orang-orang lagi pada antri mandi dan Zaynab mulai ngantuk 😅. Tapi next time saya akan beri kesempatan itu. 

Evaluasi hari ini:
1. Tidur lebih cepat, in sha Allah jam 10 malam setelah tulisan ini kelar.
2. Materi penerapan adab harus lebih sering dan dibuatkan listnya agar terkontrol
3. Tidur siang agar taraweh lebih khusu (untuk ZaZi)
4. Preparasi waktu shalat lebih dioptimalkan
5. Evaluasi ajak ZaZi

Demikian jurnal hari ini, semoga ada info yang bisa diadopsi. Semoga ya 😅.

Batujajar, 25 April 2020


Post Comment
Posting Komentar

Komenmu sangat berarti bagiku 😆
Makasi ya udah ninggalin komen positif ... 🤗