MOM BLOGGER

A Journal Of Life

Jurnal Ramadan: Good Deeds Calendar ZaZi

Rabu, 06 Mei 2020
Memasuki hari ke 13 Ramadan, mari kita liat pelaksaanaan Good Deeds ZaZi selama 12 hari puasa 😁. Tadinya mau dievaluasi per 10 hari. Tapi karena ada evaluasi besar, jadilah untuk good deeds diundur saja.


FYI, selama Ramadan kita mempersiapkan 5 perbuatan baik yang ditawarkan untuk ZaZi, yaitu:
1. Nyuci piring
2. Nyuci baju
3. Bersihin meja belajar
4. Ngasuh Zaynab
5. Nambah hafalan AlQuran


Gimana pelaksanaannya?

Mereka masih belajar kecuali hafalan dan beresin meja. Untuk mencuci piring mereka cenderung gampang tapi untuk beberapa piring saya bantu karena takut pecah. Sedangkan nyuci baju kan cuma pencet-pencet tombol doank. Dan aslinya mereka kecewa karena mereka ngirain nyuci pake sikat 😅. Tapi saya ga kasih karena malah nambahin kerja saya 🙈. Untuk ngasuh Zaynab makin hari mereka makin dewasa cara ngasuhnya. Terutama Zaid. Kalo Ziad memang suka gelut sama Zaynab 😅😅.


Kenapa sih cuma 5 good deeds nya? Karena kita targetnya adalah pembiasaan. Karena anak-anak tipe yang ga terlalu perhatian untuk hal baru. Jadi kalo terlalu variatif malah ga nempel ke mereka. Jadilah kita menyesuaikan saja dengan karakter anaknya.


Trus rewardnya apa? Aslinya kita kasih reward snacking untuk setiap deed yang dilakukan. Tapi kesini-kesini mereka ngerjainnya malah ga inget reward itu. Mereka malah fokus ke stickernya udah nempel apa belum 😅. Jadi si cemilan kita makan bareng-bareng deh tanpa batas 🙈😂.

Alhamdulillah meski ga terlalu smooth tapi penerapan good deeds selama Ramadan ini paling ga bikin mereka jadi bertanggungjawab terhadap beberapa pekerjaan rumah. Mereka juga jadi lebih peduli terhadap rutinitas keluarga. Jadi meski good deeds nya gampang-gampang, dengan mereka inget apa job mereka hari ini aja itu sudah capaian bagi saya. Tinggal pembiasaan terus menerus hingga akhirnya mereka inisiatif terlibat tanpa harus ada jadwal gooddeeds.

Batujajar 5 Mei 2020


Post Comment
Posting Komentar

Komenmu sangat berarti bagiku 😆
Makasi ya udah ninggalin komen positif ... 🤗