MOM BLOGGER

A Journal Of Life

Resep Klepon Ubi Jalar

Selasa, 07 Maret 2017

Sesekali nulis resep di blog boleh lah ya. Ini artinya saya udah kehabisan ide mau nulis apa. Karena memang tantangan menulis 1 hari satu tulisan ini cukup menantang, juga karena tidak semua pemikiran bisa dituliskan bebas begitu saja #ngeles😆

Sabtu yang lalu, saya sekeluarga jalan-jalan ke warung depan. Kebayang kan warungnya Amerika?😄 Ga sengaja saya nemu sweet potato alias ubi jalar. Sebenarnya bukan kali pertama saya membeli ubi jalar disini. Namun pengalaman pertama beli di Asian Market rada buruk. Ubi jalarnya tepos tak berisi 😑

Nah, kali ini ubi jalarnya lebih meyakinkan dengan harga yang juga lebih meyakinkan #red: mahal. 1 buah ubi $.99 alias nyaris 1 dolar alias lagi 99 sen ya.. bukan 99 dolar 😆. Oke, beli 2 dulu. Dulu langsung beli sekarung kecil seharha 5 dolar an. Sekarang beli 2 dulu, jadi kalo jelek ga nyelekit.

Nyampe rumah tak rebus. Tadinya memang mau dicemil aja jadi ubi rebus. Tapi dipikir-pikir sayang juga. Ubinya lembut, warnanya cantik. Bikin candil aja kali ya. Eh dipikir-pikir lagi candil kan lumayan ribet. Plus pake gula merah nya lumayan banyak. Dan saya ga terlalu suka candil kalo ga dicampur sama bubur kampiun alias bubur sumsum alias bubur putih. Hmmm

Taraaaaaaa ... klepon ajah! Selain udah pernah buat klepon, cemilan satu ini tampaknya akan lebih diminati orang deh (mau dibawa kepengajian ceritanya. Padahal tadinya mau bawa perkedel kentang, tapi karena satu dan lain hal dibatalkan 😆)

Yowes, eksekusi.

Bahan:

⚘Air untuk rebusan klepon dalam panci
⚘daun pandan

⚘2 buah ubi jalar ukuran sedang (rebus dan haluskan)
⚘1 cup tepung ketan
⚘1/3 cup tepung beras
⚘Gula merah 1 batang bulat (gimana yak bilangnya??)
⚘garam secukupnya
⚘air 1/2 cup atau secukupnya
⚘Pewarna makanan (boleh diskip)
⚘Kelapa parut (karena saya beli kelapa parutnya disini udah berasa, jadi saya skip kasih garam. Kalo di Indonesia biasanya saya kasih garam lagi sedikit)

Cara memasak:

Masak air yang sudah diberi daun pandan dalam sebuah panci dengan api sedang. Saat menunggu air di panci panas (tidak perlu sampai mendidih), eksekusi bahan klepon.

Campur semua bahan dan aduk rata. Tambahkan air sedikit demi sedikit sampai adonan dirasa pas untuk dicetak. Pipihkan adonan, letakkan gula merah di atasnya. Kemudian bulatkan. Masukan adonan yang sudah dibulatkan tadi kedalam air rebusan. Angkat klepon yang sudah mengambang dan lumuri dengan kelapa parut. Lakukan seperti ini hingga adonan habis. Dan klepon pun siap dihidangkan.

Klepon ubi jalar. Klepon antimainstream karena warna nya kuning. Karena klepon tak selamanya hijau 😂😂

Columbus, 5 Maret 2017

Post Comment
Posting Komentar

Komenmu sangat berarti bagiku 😆
Makasi ya udah ninggalin komen positif ... 🤗