MOM BLOGGER

A Journal Of Life

REWARD

Senin, 23 Januari 2017

Ada penghargaan di setiap capaian. Ada reward. Hadiah atau apapun namanya.

Siang itu, sepulang sekolah, saat memasuki ruang kelas Zaid. Miss Amy menghampiri saya dan Zaid yang tengah bersiap pulang.

"This is for your work. You did your homework yesterday!"

Sontak melihat seplastik alat main berisi playdough membuat Zaid bersorak riang meski ga ngerti kenapa miss Amy ngasih itu.

Apa itu homework ... anak-anak belum ngerti. Namun saya coba menjelaskan bahwa bermain ... dan dilakukan dalam rules dan usaha untuk mengikuti nya sehingga ada hasil yang dicapai (bukan hasil sesuai ekspektasi ya, tapi hasil atas usaha ... bagaimana pun endingnya .. sesuai atau tidak dengan hasil yang diharapkan ... yang penting usaha untuk melakukannya) akan memperoleh hadiah baik dari umi atau abi atau miss di sekolah. Karena hal itu baik. Sedangkan rewel, merengek tanpa alasan yang jelas, apalagi marah-marah setelah dikasi tau sesuatu hal dengan baik, itu hal buruk. Tidak ada hadiah. No reward.

Yaps!! Inilah salah satu rangkaian pemahaman yang saya dan suami lakukan kepada anak-anak. Berawal dari ketidakpahaman mereka ... tapi terus menerus diberi tahu akan membentuk pemahaman bagi mereka nanti ... dihari-hari ke depan.

Kami sedang menikmati proses. Genap 1 tahun ZaZi bisa berkata dalam makna konsisten ... Saatnya optimalkan fase kritis usia mereka ... Berkahi dan Ridhoilah kami Ya Allah ... bimbinglah kami selalu ... 😇😇😇🤗🤗🤗

Colombus, 23 Januari 2017

Post Comment
Posting Komentar

Komenmu sangat berarti bagiku 😆
Makasi ya udah ninggalin komen positif ... 🤗