MOM BLOGGER

A Journal Of Life

Tanpa Lesson Plan Gimana?

Jumat, 13 Januari 2017

Yey nyaris 1 minggu tanpa lesson plan. Karena apa? Karena ga sempet. Rutinitas kembali normal. Anak-anak full kembali ke pangkuan umi karena Abi butuh waktu ekstra untuk belajar. Biar di akhir semester ga se hectic semester kemaren #ituharapansaya. Hectic? Ya iya. Hectic karena tugas akhir diborong di akhir. Padahal bisa dicicil pelan2 dari awal semester dimulai. Salah siapa? Salah saya, karena saya masih kaget memenuhi peranan baru sebagai istri mahasiswa. #heu.

Tepatnya hari selasa, dimana anak-anak dan suami memulai aktivitas 'jihad' rutin mereka. Secara kasat mata memang saya harusnya bisa lebih longgar karena ada waktu dimana anak-anak off sama saya sekitar 3 jam. Tapiiiiii ... rata-rata saya off dr anak2 hanya 2 jam setengah lebih kurang. Karena selain waktu perjalanan anter jemput anak-anak, suka banyak primemori disela-sela waktu sekolah anak-anak. Suka adaaaaaa aja yang akhirnya eh udah jam 10.. hehehe..

Tapi tenang. Ga ada lesson plan bukan berarti ga ada aktivitas. Aktivitas tetap berjalan. Paling tidak latihan selama 1 minggu sebelum anak-anak sekolah membuat saya jadi lebih aware dan peka sama apa yang unik dari mereka.

Misal, Zaid. Abang yang penyabar ini lagi seneng-seneng nya sama story telling, retelling, imaji yang mengandung cerita. Dan anak nya ternyata sangat aware sama sign atau sejenis petunjuk penggunaan. Saya baru ngeh hal ini saat Zaid dibeliin mainan sama Abinya setelah ada 2 bulan lebih kurang delay gratification nya. Karena Zaid penyabar, maka dikasi reward pas anaknya udah ga minta dengan merengek seperti sebelumnya. Trus ujug-ujug Zaid bilang "nah, tu miiii ... ini miii. Gitu, gitu ... gini mi". Dengan bahasa gini gitu nya #hehe. Yang intinya, cara mainin mainan nya begini tahap-tahapnya mi. Saya takjub plus ngakak.

Terus gimana ziad? Nah Ziad anak penolong ini lagi pinter-pinternya acting mimik wajah. Imitate umi banget, mulai dari cara marah, cara ngambek, cara kesel, dan cara ngerayu. Huft. Dia memang fans berat umi. Dikit-dikit "umi cantik". Padahal emaknya lagi di dapur tampang babu. Tapi emang cantik sih saya, makanya pak Taufik kleper kleper #eaaaaaaaaa #dilarangmuntah.

Terus terus, gimana aktivitas anak-anak kalo ga pake lesson plan? Tetap berjalan. Namun minus evaluasi. Pake lesson plan aja kadang saya masih minus evaluasi saat 1 minggu percobaan. Evaluasi apa yang kira-kira kurang tepat yang saya lakukan dalam stimulus ketika bermain, atau hal kurang tepat saat memberi respon atau dorongan. Sehingga setelah ditumpuk sampe 5 hari begini tanpa lesson plan, saya gagal mengingat hal-hal yang perlu di evaluasi dalam pengasuhan baik yang saya atau suami lakukan (dimasa kuliah gini suami hanya bermain sama anak-anak pagi dan malam dan kalo tugas udah pada selesai #heu sayangnya tugasnya ada lagi ada lagi #namanyamahasiswa).

Karena hal inilah saya merasa lesson plan itu masih saya butuhkan (orang tua lain mungkin ga butuh ... gimana cara aja ini mah). Selain memang niat awal sebagai rekam jejak, bukti bahwa kami mengasuh anak-anak dengan rencana teratur dan tujuan terarah alias ga barbar. Jadi ketika mereka nanti udah gede, dan baca buku rekam jejaknya jadi kaya semacam pemberitahuan kalo jadi orang tua tu ga gampang. Karena yang dijaga titipan Allah. Jadi orang tua artinya berani untuk menjadi lebih Soleh. Menurut saya mah.

PR saya masih banyak ... manajemen waktu dan pengendalian diri yang jadi PR besar mah. Mohon doanya ... banget-banget dari teman-teman. Karena sesungguhnya kita yang sekarang lagi kebagian di akhir jaman begini (saya asli suka serem kalo udah ngomongin ini) mau ga mau harus lebih giat belajar dan beribadah mahdoh dan ghoiru mahdoh-eits pake #istilah pak ustadz deh eike buat bekel pulang ke negeri akhirat.

Mau cara nya seperti apapun, menjaga niat dan keikhlasan serta semangat menjadi hal penting disini, agar dalam prosesnya menyampaikan kita pada hasil terbaik. Aamiin...

Semangat ya buat ibu-ibu lain yang lagi semangat juga evaluasi pola pengasuhan dan membuat perubahan sedikit demi sedikit. Sekecil biji zara pun bernilai pahala in sya Allah ... aamiin...

Columbus, 13 Januari 2017

Post Comment
Posting Komentar

Komenmu sangat berarti bagiku 😆
Makasi ya udah ninggalin komen positif ... 🤗