MOM BLOGGER

A Journal Of Life

Hopscotch

Senin, 06 Februari 2017

Hopscotch atau dikenal juga dengan engklek di Jawa atau Dore di Minang merupakan permainan tradisional yang melegenda. Apakah di Indonesia permainan ini masih laku?

Nah, di sekolah anak-anak, ternyata permainan Hopscotch masuk ke dalam aktivitas bermain anak-anak. Selain dilakukan di sekolah, guru juga menjadikan permainan ini sebagai aktivitas rekomendasi untuk dilakukan di rumah. Jadilah saya mencoba menyediakan aktivitas ini di rumah menggunakan potongan kain flanel yang dilekatkan di lantai menggunakan selotip.

Permainan Hopscotch dipercaya memiliki banyak manfaat, diantaranya:

👆Meningkatkan kemampuan fisik setiap pemainnya, melalui lompat melompat yang dilakukan, jadi dapat melancarkan peredaran darah.
👆Melatih keseimbangan badan, karena engklek hanya dimainkan oleh satu kaki
👆Mengasah kemampuan bersosialisasi seseorang dengan orang lain serta memberikan nilai kebersamaan pada saat permainan dilaksanakan.
👆Memiliki kemampuan untuk berusaha menaati peraturan yang telah menjadi kesepakatan antar para pemainnya.
👆Menyongsong kecerdasan logika pada pemainnya, karena dalam permainan ini seseorang juga diajarkan berlatih berhitung dan tahap-tahap yang harus dilewatinya.
👆Menjadi lebih kreatif, karena jenis permainan tradisional pada umumnya dibuat langsung oleh para pemainnya langsung, menggunakan barang-barang yang ada di sekitar lingkungannya, kemudian diolah menjadi suatu permainan yang menyenangkan. Hal ini lah yang membuat mereka menjadi lebih kreatif dalam menghasilkan permainan. (http://teropongzamrudkhatulistiwa.blogspot.com/2012/02/permainn-sondah.html?m=1)

Bagaimana manfaat engklek untuk anak usia dini? Engklek untuk anak usia dini, atau engklek untuk anak-anak digunakan salah satunya sebagai salah satu cara pengenalan angka 1-10. Sehingga, selain melatih dan menstimulus gross motor skills mereka, engklek bisa membantu menjadi sarana belajar angka yang menyenangkan untuk anak-anak.

Columbus, 4 Februari 2017

Post Comment
Posting Komentar

Komenmu sangat berarti bagiku 😆
Makasi ya udah ninggalin komen positif ... 🤗