MOM BLOGGER

A Journal Of Life

Romantisme Pengajian Columbus

Senin, 06 Februari 2017
Entah sudah berapa total pengajian yang diadakan Muslim Indonesia baik di Columbus maupun di kawasan kampus OSU. Yang pasti, setiap  pengajian memiliki cerita tersendiri dan romantismenya sendiri.

Farewell party dengan komunitas
Pengajian Columbus (Foto ibu2nya ga nemu 😅)


Ada hal yang dirasa disini namun tidak dirasa di Indonesia. Ada hikmah yang mendatangi pikiran selama disini sedangkan tidak ketika di Indonesia. Sebut saja rasa dan hikmah itu dengan kata "Butuh".

Shalat Berjama'ah
Pengajian Columbus

Butuh untuk tetap menjaga kedekatan dengan Sang Pemilik rejeki, mendorong setiap individu untuk merasa perlu melimpahkan rasa syukurnya disini. Butuh mensyukuri dalam setiap garis takdir yang disuratkan pada setiap individu disini menambatkan pikiran dalam alunan kisah perjalanan sebagai minoritas.

Menu pengajian biasanya potluck
Ini foto mejanya masih sepi. Setelah berdatangan peserta, mejanya penuh 😁

Tidak. Tidak pernah dirasa atau dialami selama di Indonesia. Bagaimana "Butuh" itu mewarnai garis-garis pikiran kami. Walau hanya sekedar bersua berbicara setitik makna kata. Paling tidak rasa dan hikmah itu menjadi tertera dalam kata dan sanubari pelekat rasa lain bernama iman.

Inilah romantisme nya. Dimana heterogenitas bukan penghalang dalam keramahan kebersamaan. Dimana latarbelakang tak jadi penghalang dalam merajut kata sayang.

Ini kalo ga salah menu pengajian
Di kediaman Anisa / Ardoyanto's house
(member 1m1c juga)

Ya ... inilah Romantisme Pengajian. Saya hanya berharap ... berapapun individu itu ... pengajian ini akan selalu ada ... meski mungkin nama berganti kata baru.

Ehm ehm ... Bahasa saya melow dan serius amat ya 😅. 

Jadi, soalan romantisme pengajian di rantau ini, memang sedikit banyaknya mendominasi aktivitas rutinan saya sekeluarga. Kenapa? Karena pengajian nyaris berlangsung setiap dua kali seminggu at least. Ada pengajian atas nama ibu-ibu Columbus. Ada pengajian atas nama mahasiswa yang memang di inisiasi oleh awardee LPDP. Tapi seiring berjalannya waktu dan bertambahnya mahasiswa yang datang, pengajian mahasiswa ga sebatas untuk para awardee LPDP saja.


2 foto ini suasana pengajian
Kelompok halaqoh suami 😁

Sejak summer 2016 hingga sekarang summer 2018, pengajian demi pengajian alhamdulillah terus rutin terlaksana. Meski di akhir tahun 2016 hingga awal tahun 2017 pengajian sempat tersendat karena berbagai macam faktor, memasuki tengah tahun 2017 atau tepatnya summer 2017, pengajian kembali menggeliat. Memang pesertanya tak sebanyak pengajian summer 2016 yang pertama kali saya ikuti. Tapi rutinitas dan konsistensi di tengah sedikitnya peminat menurut saya malah menjadi nilai lebih dan penyemangat tersendiri. Sayang, dokumentasi tak rutin saya lakukan karena faktor lupa 😅. Maklum, sudah mulai sibuk 😋

Ibu2 pengajian Columbus

Apa saja yang kami lakukan di pengajian?

Untuk pengajian Columbus, kami mendengarkan tausiah dari pemateri dan disusul dengan ramah tamah alias makan-makan (acara utama nya ini ni wkwkwkwk). Sedangkan untuk pengajian mahasiswa, selain tausiah singkat, kami juga belajar ilmu tajwid dalam membaca Al-Quran plus membaca al quran secara bergantian sekaligus dibantu mengoreksi jika ada bacaan yang salah. Oleh siapa? Kebetulan oleh suami saya 🙈. Setelah itu baru ramah tamah. Nah di pengajian mahasiswa inilah mereka juga menginisiasi infak yang dananya disumbangkan ke ranah-ranah sosial yang diserahkan ke mahasiswa penyalur dana (dikocok sistem arisan untuk menentukan siapa penyalur dananya).

Tausiah dari Ust. Agus

Sekarang, tahun 2018 mahasiswa hanya tersisa 6 keluarga, 1 diantaranya keluarga non muslim dan hanya 3 keluarga dari awardee LPDP. Entahlah pengajian mahasiswa ini akan terus atau tidak. Saya hanya berharap apa-apa yang sudah baik bisa bertahan. Kalaupun tidak, mungkin terganti dengan hal lain yang tak kalah baiknya. Entahlah apa itu. Entahlah apa namanya. Hiks melow ...

Belajar Al-Quran dengan Kang Taufik

Ini cerita ku di perantauan soal pengajian. Mana ceritamu 😁

Columbus, 3 Februari 2017
Diperbarui tahun 2018


Pengajian Mahasiswa di rumahnya
Amel (Turseena)-member 1m1c juga
Post Comment
Posting Komentar

Komenmu sangat berarti bagiku 😆
Makasi ya udah ninggalin komen positif ... 🤗