MOM BLOGGER

A Journal Of Life

Lesson Plan: Aku dan Keluargaku

Senin, 13 Februari 2017

Alhamdulillah akhirnya nemu juga dimana contoh lesson plan dari teh kiki barkiah saya save. Ga tau nya di blog yang satu lagi 🙈

Berikut saya salin kembali ... tapi sekarang mah per tema. Dimana 1 tema dilakukan dalam 5 hari pembelajaran.

Adapun peruntukan usianya, teh kiki menuliskan untuk usia 2-3 tahun. Tapi untuk anak-anak buat saya masih cocok meski anak-anak sudah 3 tahun 7 bulan. Paling modifikasi aja informasi tambahan dan keahlian tambahan jika diperlukan.

Untuk minggu pertama, saya mau adopsi tema "Aku dan Keluargaku". Karena saya belum pernah secara khusus memberikan tema ini kepada anak-anak.

Oh ya, materi ini saya salin dari Facebook nya teh kiki barkiah. Jadi ga bisa kasih link sumber ya. Berharap dengan disebutkannya secara jelas siapa pembuat lesson plan ini sudah cukup menjadi bukti bahwa saya mencantumkan sumber 😊.

Berikut rincian lesson plan ala teh kiki barkiah yang in sya allah akan saya laksanakan tertanggal 14-18 Februari 2017. (Salinan aslinya bisa klik ini. Ingat ya, salinan asli, maksudnya Copas tanpa edit. Sedangkan yang diblog ini, Copas dengan editan seperlunya - bisa jadi saya cuma edit emoticon aja 😆😆😆)

✍✍✍✍✍✍✍✍✍✍✍✍✍✍✍✍✍✍✍✍✍✍✍✍

Tema : Aku dan Keluargaku
Sub tema minggu ini : Aku Anak Sholih

Aspek yg ingin dicapai:
✍ Anak mengenali jati dirinya sebagai muslim
✍ Anak dapat mengenali identitasnya.
✍ Anak mencintai Allah dan rasulNya.
✍ Anak tertanam kepadanya sifat-sifat anak sholih (senang menolong, suka tersenyum, bersedekah, sabar, penyayang dsbnya)
✍ Anak mengenali aktivitas ibadah sehari-hari sebagai muslim👉aku bisa sholat, dzikir dan aku bisa berdoa.
✍ Anak bisa menyanyikan satu buah lagu dengan baik
✍ Anak mengenal angka 1 - 10 dan tiga huruf hijayyah
✍ Anak mengenal warna selain warna primer (merah kuning hijau), warna coklat dan ungu.
✍ Melatih gerakan motorik, membuat lingkaran kecil, lingkaran besar.

🔖Hari I
Menu hari ini dilakukan selama 30 menit-1 jam.
Jadwal hari ini:
⏰ Bacakan surat al lahab, dan bacakan artinya. Lebih baik lagi bila mempunyai buku tafsir anak yang dilengkapi dengan gambar. Kisah al Lahab dan istrinya. Mulai hari ini, bacakan surat ini berulang ulang secara rutin.

⏰ Kenalkan jati dirinya sebagai muslim.
Ayah dan ibu adalah muslim, yaitu orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasul.
Mulai dengan bercerita, adek lihat ayah ibu sholat?? adek tahu kenapa ayah ibu sholat?? adek juga sholat...dstnya coba gali dan ajak berdialog, jelaskan dengan kata kata yang sederhana. Gunakan juga gambar gambar bila anak masih belum memahami perkataan atau buku cerita.

⏰Mengenalkan huruf-huruf awal hijayyah, menyambung titik titiknya, ucapkan bunyinya bersama sama dan mewarnai bersama-sama.

⏰Gunakan warna warna tertentu utk huruf hijayyah. Misalnya coklat untuk Alif, Ba gunakan warna ungu. Ajak anak mencari warna krayon yang sesuai dengan warna pada lembar kegiatan. Kenalkan nama warna tersebut.

Bahan ajar:
📑Lembar kegiatan 1
menyambung huruf a dan ba👉Temani anak menyambung karena gerak motorik belum terlatih, garis akan berkelok kelok tidak mengapa.
📑Lembar kegiatan 2: memasangkan huruf hijayyah.
📑Buku tafsir anak atau al quran mengenai surat al Lahab.

🔖Hari II
Jadwal hari ini :
⏰Mengenalkan rasa cinta kepada Allah dan rasul. Nyanyikan lagu satu-satu
🎵🎵🎵satu satu adek cinta Allah, dua dua cinta rasulullah, tiga tiga cinta abi ummi, satu dua tiga insya Allah masuk surga🎶🎶🎶
dengan nada lagu satu-satu. Iringi dengan tepuk tangan dan gerak badan.

⏰Gunakan kartu angka-angka untuk mengenalkan angka 1-10 sekaligus kepada anak. Tunjukkan kartu tersebut saat mengucapkan angka yang terdapat pada kartu.

⏰Bermain mengenal angka 1 - 10

⏰Bacakan buku cerita mengenai rasul, ceritakan bahwa rasul menyayangi orang-orang muslim, dan kita juga harus mencintai rasul dstnya. Rasul disayang Allah, yang mencintai rasul juga akan dicintai Allah. Ayah cinta rasul juga, ibu juga cinta rasul dstnya. Tanamkan rasa cinta ini perlahan lahan. Rasul mengajarkan hal-hal yang baik dstnya.

⏰Sesi akhir di akhir hari ini: Tampilkan anak dengan lagu barunya di depan ayah. Beri hadiah atas ’pertunjukan menyanyi’nya dengan ciuman atau hadiah makanan dsbnya.

Bahan Ajar:
📑Lembar kegiatan 3: Kartu angka
📑Lembar kegiatan 4: Bermain angka 1-10
📑Buku cerita mengenai kisah kisah rasulullah👉 one story in Goodnight Story book

🔖Hari III
Jadwal hari ini:
⏰Membacakan hadist rasul
’kullun ma’rufin shodaqoh’. Setiap kebaikan adalah sedekah.
Tanamkan bahwa rasulullah mengajarkan kebaikan, misalnya rasulullah mengajarkan kita untuk berbuat baik, bersedekah suka tersenyum, suka memberi dstnya. Rasul mencintai anak anak yang sholih, yang rajin sholat yang suka kebersihan dstnya.

⏰Mengenalkan aktivitas-aktivitas sholat, ajarkan anak gerakan sholat dan nama nama gerakan. Berdiri, ruku’, sujud dstnya.

Bahan ajar:
📑Aplikasi hadist anak
📑Aplikasi sholat anak
📑Lembar kegiatan 6: Perbuatan baik
📑Lembar kegiatan 7: Gambar gambar gerakan sholat

🔖Hari IV
Jadwal hari ini:
⏰Mengenalkan doa kebaikan di dunia dan di akherat.
’Rabbana aatina fiddunya hasanah wa fiil akhirooti hasanah waqina adzabannar’. Ucapkan bersama sama setelah sholat, ajarkan anak berulang ulang. ajarkan artinya dan jelaskan dengan kalimat sederhana.

⏰Siapkan kertas kosong, gambar bentuk bentuk lingkaran dan bersama sama anak, mengikuti membuat lingkaran lingkaran. lingkaran besar lingkaran kecil. Kemudian ajak dan tanyakan gambar apa adek dstnya. warnai bersama sama. Bisa juga sambil bernyanyi
🎶🎶Lingkaran besar lingkaran besar lingkaran kecil. Kuberi pisang kuberi pisang tak mau makan. Enam enam berliku liku. Enam enam diberi siku 🎵🎵🎵🎶

⏰Ajarkan pada anak bentuk bentuk sederhana, bentuk bintang, bulan sabit, bentuk hati, lingkaran.

Bahan ajar:
📑Lembar kegiatan 8 : Berdoa
📑Lembar kegiatan 9 : Bentuk
📑Printable doa anak
📑Buku ttg bentuk dan referensi lain yang dianggap perlu

🔖Hari V
Jadwal hari ini:
⏰Mengenalkan pemahaman besar kecil dan kata ’paling’.
Misal: gambar lingkaran dede besar. Gambar lingkaran Abang kecil.
Baju dede kecil, baju umi besar.

⏰Melipat origami, membuat bentuk-bentuk yang sederhana, misalnya melipat kertas menjadi 2 sehingga menjadi bentuk persegi, atau segitiga, atau bentuk yang lainnya sesuai kreativitas orang tua dan kemampuan anak. Tuntun anak perlahan karena gerakan masih kurang terlatih.

Bahan ajar:
📑Lembar kegiatan 10 : besar kecil
📑Lembar kegiatan 11: paling

📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖📖

Demikianlah Lesson Plan ini dibuat dengan modifikasi seperlunya ... disesuaikan dengan kondisi riil dan bahan ajar yang dimiliki 😆😆😆

Columbus, 12 Februari 2017

Post Comment
Posting Komentar

Komenmu sangat berarti bagiku 😆
Makasi ya udah ninggalin komen positif ... 🤗